Zahnradfabrik Friedrichshafen

Zahnradfabrik Friedrichshafen

Kamis, 31 Januari 2019 15:00 | Galih Pratama

Zahnradfabrik Friedrichshafen (ZF) Sachs adalah perusahaan asal Jerman yang memproduksi suku cadang otomotif seperti powertrain dan komponen suspensi. Perusahaan ini didirikan oleh Ernst Sachs dan Karl Fichtel.

Dulunya, perusahaan ini dikenal dengan Fichtel & Sachs (F & S), Mannesmann Sachs, dan Sachs. Produk pertama yang diproduksi perusahaan ini adalah ball bearing dan hub sepeda, lalu berkembang dan memproduksi suku cadang lain. Seperti suku cadang sepeda motor, moped, sepeda bermotor, dan kendaraan semua medan (ATV).

[Baca Juga: Ini Bedanya Sistem Penggerak Roda 4WD dan AWD]

Dalam sejarahnya, pada tahun 1960 dan 1980-an, F & S membeli beberapa bagian perusahaan sepeda seperti Hercules, Rabeneick, Huret, Maillard dan Sedis. Namun selang beberapa tahun, tepatnya pada 1987, German Mannesmann AG mengakuisisi mayoritas saham F & S. Divisi sepedanya pun dijual kepada SRAM, perusahaan yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat.

Meski begitu, Zahnradfabrik Friedrichshafen tetap berkembang pesat. Mereka kini dikenal sebagai produsen suku cadang perakit transmisi, axle drive, dan modul traksi di banyak mobil-mobil Eropa. Beberapa mobil di antaranya Volkswagen, BMW, dan Mercedes-Benz dan Audi.

[Baca Juga: Air Suspension]

Ada dua merek suku cadang yang terkenal buatan dari Zahnradfabrik Friedrichshafen, yakni Sachs dan Lemforder. Merek Sachs sendiri untuk kategori shock absorbers mobil. Sedangkan merek Lemforder untuk kategori steering dan suspension.

Referensi: wikipedia.org