Wiper.jpg

Wiper

Kamis, 7 Februari 2019 9:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Wiper atau penyeka kaca merupakan sebuah perangkat pada mobil yang digunakan untuk menghilangkan air, dan kotoran. Umumnya, perangkat ini terletak pada kaca depan ataupun belakang. Ada pula beberapa mobil yang menyematkannya pada kaca bagian samping.

Wiper sendiri mempunyai tiga kecepatan, yaitu sekali-kali, sedang dan cepat. Ketiga percepatan tersebut bisa digunakan dengan menyesuaikan kondisi.

Penyeka kaca ini terdiri dari motor penggerak, penghapus kaca, tuas, dan alat penghapus kaca. Sementara bahan dari wiper biasanya terbuat dari karet dengan rangka logam atau plastik.

Jenis-Jenis Wiper

  • Wiper Konvensional

Wiper yang terdiri dari braket dan juga karet ini banyak disematkan pada mobil keluaran lama. Meskipun begitu, pada masanya wiper ini sangat canggih dan berguna. Saat ini, wiper tersebut sudah jarang ditemui pada mobi-mobil modern.

  • Wiper Full Frame

Wiper yang satu ini banyak ditemui pada mobil keluarga. Kelebihan pada wiper ini adalah daya tahannya yang lebih kuat, sebab memiliki gagang besi yang kokoh. Gagang besi tersebut bahkan mampu membuat wiper membersihkan kotoran yang ada di dalam kaca. Namun bila mana karet wiper sudah mulai menipis, gagang ini dapat membahayakan kaca depan.

  • Wiper Flat Blade

Wiper jenis ini hanya disokong oleh penyangga kecil di bagian tengah. Hal tersebut membuat wiper flat blade terbilang simpel dan cukup ringan. Untuk komponennya wiper ini berbahan dasar karet. Wiper ini juga memiliki besi pipih yang dijadikan material selipan, sehingga mampu meningkatkan kekuatan sapuan.

  • Wiper Refil

Sesuai dengan namanya jika karet pada wiper ini sudah tidak layak guna, maka dapat di-refil atau diganti ban karetnya. Perhatikan juga ukuran karet supaya sesuai dengan standar kerangkanya.

  • Wiper Hibrida

Merupakan jenis wiper perpaduan antara wiper konvensional dengan wiper flat blade. Komponen braker dan holder plastik yang disematkan pada wiper ini, membuat segala kotoran akan mudah dihilangkan.

  • Wiper Flame Less

Jenis wiper yang satu ini sudah dilengkapi dengan bingkai yang bahan dasarnya plastik dan karet. Kekurangan dari wiper ini adalah tidak bisa diisi ulang, sehingga perlu pengecekan secara rutin agar kaca depan tidak menjadi lecet.

[Baca Juga: Aerodinamika]