mustang-lithium-1.jpg

Webasto dan Ford Wujudkan Visi Tentang Electric Muscle Car

Selasa, 14 Januari 2020 16:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Ford bersama Webasto memperkenalkan Mustang Lithium, yakni sebuah prototipe mobil listrik berperforma tinggi yang berwujud Ford Mustang. Performa tinggi yang dihadirkan pun sungguh serius, dengan output setara dengan 900 hp dan torsi monster sebesar 1.355 Nm. Capaian tersebut tentu akan mengakomodir para antusias muscle car yang haus akan tenaga dan torsi besar, tapi tetap berasal dari sebuah kendaraan listrik.

Mustang Lithium menggunakan velg Forgeline berukuran 20 inci dengan ban Mischelin Pilot Sport 4S.

Mustang Lithium ini tak hanya sebagai mobil prototipe untuk memperlihatkan langkah elektrifikasi bagi mobil sport saja, namun juga sebagai unit uji coba untuk teknologi manajemen termal dan baterai yang dikembangkan oleh Webasto bersama Ford.

“Saat ini Ford ingin selalu melakukan langkah elektrifikasi pada produk yang telah dikenal luas. Prototipe Mustang ini menjadi salah satu kesempatan bagi kami dalam memperlihatkan teknologi kendaraan listrik berperforma tinggi yang dapat diaplikasikan pada mobil populer,” ujar Hau Thai-Tang, selaku Ford Chief Product Development & Purchasing Officer.

Ford memperlihatkan teknologi kendaraan listrik berperforma tinggi yang dapat diaplikasikan pada mobil populer.

Mustang Lithium menggunakan sejumlah panel bodi yang terbuat dari serat karbon dan menggunakan velg Forgeline berukuran 20 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport 4S. Di balik kap depan, terdapat motor listrik dual-core Phi-Power dan sepasang power inverter. Semua komponen tersebut didukung oleh sistem baterai 800 volt buatan Webasto dan sistem discharge buatan EVDrive Technology.

[Baca Juga: Shelby GT350 dan GT350R Heritage Edition Hadirkan Nuansa Legendaris]

Daya sebesar 800 volt adalah dua kali dari voltase kendaraan listrik pada umumnya, sehingga memungkinkan sistem pada Mustang Lithium ini bekerja lebih ringan, lebih bertenaga, dan memiliki suhu kerja yang lebih rendah. Uniknya, Mustang Lithium menggunakan transmisi manual MT82 6-speed buatan Getrag, yang memiliki komponen internal bermaterial billet agar mampu menahan beban torsi sebesar 1.355 Nm. Selain itu, as kopel Ford Performance dan diferensial Super 8.8 Torsen bertugas untuk menyalurkan output motor listrik menuju roda belakang.

Di balik kap depan, terdapat motor listrik dual-core Phi-Power dan sepasang power inverter.

Masih ada sederet fitur lain yang tersemat pada Mustang Lithium, mulai dari Handling Pack dan strut tower brace buatan Ford Performance, rem depan Brembo milik Shelby GT350R, side splitter serta rear diffuser dari Sankuer Composite Technologies, kap depan dengan panel polycarbonate buatan Webasto, hingga portable charger dari TurboCord.

[Baca Juga: Chevrolet E-10 Ubah Paradigma Mengenai Mobil Hot Rod Masa Depan]

Mobil ini memiliki tiga mode berkendara yang dapat mengatur jumlah torsi yang disediakan dalam kondisi berkendara sesuai keinginan pengemudi, yakni Valet, Sport, Track, dan Beast. Mode berkendara tersebut dapat dipilih melalui layar sentuh berukuran 10,4 inci pada dashboard.