Weather Strip

Weather Strip

Kamis, 31 Januari 2019 10:00 | Galih Pratama

Weather strip adalah komponen yang dipasang di bodi atau sekeliling pintu kendaraan. Weather strip disebut juga sebagai karet channel yang berfungsi mencegah air dan debu masuk melalui celah antara kaca dan frame pintu mobil.

Karet channel juga mampu memperhalus dan meluruskan gerakan naik serta turun kaca mobil. Fungsi lainnya adalah meredam getaran kaca saat mobil berjalan dan menahan bagian atas kaca saat posisi tertutup.

[Baca Juga: Quarter Glass]

Ciri-ciri kerusakan weather strip adalah kaca mobil seret saat dinaik-turunkan, atau kaca terasa ‘oblak’. Jika kondisinya seperti itu, ada baiknya Anda segera mengganti karet channel mobil. Sebab dampaknya tak hanya menyulitkan kaca mobil bekerja, karet channel yang rusak berdampak pada kenyamanan saat berkendara. Misalnya adanya suara bising hingga air hujan masuk ke dalam kabin mobil.

Cara Pemasangan Weather Strip

Karet channel langsung diselipkan pada frame yang telah disediakan di kisi-kisi kaca mobil. Pastikan sudut karet channel harus bertemu tepat pada setiap sudut pintu mobil. Setelah terpasang, karet channel bisa ditambahkan pelicin sikilon atau oli.

[Baca Juga: Awas, Jangan Salah Pilih Oli Mesin Mobil]

Referensi: gridoto.com