VW Tiguan Allspace.jpg

VW Tiguan Allspace Rakitan Indonesia Mulai Dipasarkan

Kamis, 3 Oktober 2019 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Para pembeli Volkswagen (VW) Tiguan Allspace kini bisa bernafas lega. Pasalnya, PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek Audi dan Volkswagen mulai mendistribusikan mobil SUV tersebut kepada konsumen. Sebagai tanda dimulai pendistribusiannya, mereka mengundang 5 orang pembeli pertama.

“Kami sangat bangga bisa menyerahkan lima unit pertama VW Tiguan Allspace kepada 5 pembeli pertama di Indonesia,” ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT GMM saat acara serah terima VW Tiguan Allspace kepada konsumen di Jakarta, Rabu malam (2/10/2019).

Volkswagen Tiguan Allspace yang telah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 ini merupakan karya tenaga kerja Indonesia yang sesuai dengan standar Volkswagen Jerman. “Kami sengaja memproduksi Volkswagen di Indonesia agar lebih banyak orang dapat memiliki merek Volkswagen. Karena dengan diproduksi di sini, harga menjadi lebih kompetitif,” tambahnya.

[Baca Juga: Lebih Dekat dengan Chris Lesmana Desainer VW Asal Indonesia]

Untuk produksinya sendiri, PT GMM telah membangun fasilitas produksi di kawasan Cikampek, Jawa Barat. Pabrik produksi itu berdiri di atas lahan seluas 6.000 meter persegi yang mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahunnya. “Fokus pertama pada VW Tiguan Allspace. Setelah Tiguan apalagi? Kita tunggu nanti ke depannya. Pasti akan ada model-model lainnya yang diproduksi di sini,” jelasnya.

Tiguan Allspace.jpg

Sementara Jonas Chendana Chief Operation Officer PT GGM mengatakan, sejak diluncurkan di ajang GIIAS, VW Tiguan Allspace terus menunjukkan penjualan yang positif. Hingga saat ini, mobil ini sudah terjual sekitar 460 unit. Untuk pembelinya sendiri mayoritas datang dari kawasan Jabodetabek. “Ya sekitar 95 persen pembelinya memang dari Jakarta dan sudah terjual 460-an unit,” jelasnya.

Dari jumlah unit yang terjual tersebut, lanjutnya, PT GGM akan melakukan pendistribusian secara bertahap. Ditargetkan hingga akhir tahun ini, sekitar 300 unit VW Tiguan Allspace dipastikan akan sampai ke tangan pembeli. “Untuk gelombang pertama hingga akhir tahun, ya sekitar 300-an unit akan kami didistribusikan ke pembeli,” katanya.

Tingginya minat pembeli terhadap mobil lansiran Jerman ini disambut baik oleh Thomas Zahn, Executive Director Sales International Volkswagen AG. Dia menilai, pasar otomotif di Indonesia salah satu pasar otomotif penting di Asia Pasifik yang sangat potensial. Sehingga dia merasa ‘pede’ jika kehadiran VW Tiguan Allspace akan mendulang penjualan yang sukses.

“Untuk itu, kami akan kembangkan lebih jauh di Indonesia. Sejak dipasarkan 2015, Tiguan terjual 5 juta unit. Sedangkan New Tiguan yang dijual pada tahun lalu terjual 800 unit. Saya berharap di Indonesia Volkswagen Tiguan Allspace bisa sukses,” harapnya.

[Baca Juga: Ini Wujud VW Kodok Bertenaga Listrik Pertama di Indonesia]

VW Tiguan Allspace bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang mencari SUV tujuh penumpang. Mobil ini mempunyai fitur-fitur canggih. Di antaranya, system parking assistant dan pengaturan kursi elektrik di baris depan.

Urusan dapur pacu, mobil ini menggendong mesin 4-silinder bensin dengan 6 transmisi kecepatan. Mesin tersebut mampu menembus top speed 202 km/jam. Sementara mengenai harga, VW Tiguan Allspace dibanderol dengan harga Rp598 juta on the road Jakarta. Bagaimana, Anda tertarik untuk memboyongnya?