vw-ebus-1.jpg

VW e-Bus, Hasil Kolaborasi Volkswagen dengan EV West

Jumat, 29 November 2019 14:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Upaya elektrifikasi kendaraan telah menjadi tujuan bagi setiap produsen kendaraan di dunia. Salah satunya ialah Volkswagen of America yang belum lama ini berkolaborasi dengan EV West, bengkel spesialis konversi kendaraan listrik, untuk melakukan elektrifikasi sebuah Volkswagen (VW) Type 2 tahun 1972 (atau lebih dikenal sebagai VW Kombi).

Eksterior orisinal tetap dipertahankan

“Dedikasi EV West di segmen mobil klasik dan komitmennya untuk melakukan elektrifikasi kendaraan menjadi dasar bagi kami untuk melakukan proyek ini. Sumber tenaga milik Volkswagen e-Golf adalah pilihan sempurna bagi kendaraan klasik kami,” ujar Matthew Renna, selaku Vice President Volkswagen North American Region (NAR)-G4, dalam rilis yang diterima Otopedia.com.

Komponen penggerak dan motor listrik milik VW e-Golf 2017

Sebuah Volkswagen e-Golf lansiran tahun 2017 menjadi mobil donor untuk proyek ini. Seluruh komponen penggerak, motor listrik, dan sistem baterai berdaya 35.8 kWh dipindahkan ke kompartemen belakang VW Kombi tersebut. Mesin VW 4 silinder yang berpendingin udara dilepas dan sebagai gantinya ialah motor listrik AC permanent magnet 100 kW bersama transmisi 1-speed serta sistem pengisian daya listrik.

Dilengkapi pula panel indikator digital khas kendaraan listrik

Aspek eksterior dan interior dari ‘e-Bus’ ini sengaja dibiarkan orisinal. Rangkaian baterai diletakkan di bawah jok depan dan di kompartemen bekas posisi tangki bahan bakar. Tongkat transmisi tetap digunakan, namun kini beroperasi layaknya pada e-Golf, yakni Park, Reverse, Neutral, Drive, dan Brake (P-R-N-D-B). VW Kombi dengan kombinasi warna Kansas Beige dan Pastel White ini tetap menggunakan panel instrumen asli yang dipadu dengan indikator digital khas kendaraan listrik.

[Baca Juga: Sejarah Volkswagen]

“Kami sangat bangga dapat terlibat di dalam proyek ini. Menyatukan sebuah mobil legendaris dari produsen ternama dengan teknologi modern, menjadi salah satu jalan untuk tetap menyongsong masa depan yang ramah lingkungan, namun tetap menjaga sejarah masa lalu,” imbuh Michael Bream, Founder & Chief Executive Officer EV West.

Soket pengisian daya listrik diletakan pada posisi pengisian bahan bakar