voltage.jpg

Voltage Stabilizer

Kamis, 31 Januari 2019 14:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Voltage stabilizer merupakan sebuah alat pada sistem kelistrikan mobil. Alat tersebut berfungsi untuk membuat listrik menjadi stabil. Dengan begitu, tegangan listrik akan selalu berada pada 220V, sehingga dapat menghindari rusaknya peralatan listrik. Beberapa pendapat bahkan menyatakan, alat tersebut dapat meningkatkan performa kendaraan. Lampu menjadi lebih terang, kualitas sound system lebih baik, aki semakin awet, hingga dapat menghemat bahan bakar.

[Baca Juga: Direct Injection]

Cara Kerja

Cara Kerja Voltage.jpg

Cara kerja Voltage Stabilizer sendiri, berperan sebagai peredam noise voltage. Artinya, terdapat besaran kelompok capacitor meredam noise yang berebeda-beda. Perlu diketahui pula, semakin kecil nilai dari capacirance, maka semakin tinggi frequency yang akan diredam dari sistem kelistrikan yang terpasang Voltage Stabilizer ini. Pada umumnya, noise voltage muncul dari generator dan sistem pengapian. Hal tersebut lah yang harus diperbaiki agar kualitas listrik menjadi lebih baik.

Pengujian Voltage Stabilizer

Pengujian Voltage.jpg

Ada pengujian khusus dalam membandingkan penggunaan beberapa produk voltage stabilizer. Pengujian tersebut dilakukan dengan cara dynotest hingga uji jalan, dengan rute dan kondisi lalu lintas yang sama. Bahkan, ada pula beberapa pengujian yang ditempatkan dalam suatu track khusus.

Referensi:

Saft7.com

Kaskus.co.id