VELG.jpg

Velg

Rabu, 6 Februari 2019 17:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Setiap kendaraan pasti mempunyai roda untuk berjalan. Di dalam roda sendiri terdapat lingkaran luar bebahan logam. Lingkaran tersebut adalah velg. Velg merupakan komponen vital untuk estetika kenyamanan serta keselamatan bagi pengendara. Karenanya, komponen tersebut haruslah cukup kuat dalam menahan beban vertikal dan beban samping, begitu juga dengan menopang sistem pengereman.

Velg juga harus seimbang dan beriringan. Dengan begitu, roda dapat berputar mulus pada kecepatan tinggi. Begitu juga dalam merancang rim haruslah tepat, sehingga dapat menahan ban dengan kuat.

Jenis Velg

Velg dapat dibedakan berdasarkan metode pembuatan dan bahannya. Dilansir dari Carmudi, pada umumnya ada dua tipe velg yang digunakan pada setiap kendaraaan, yaitu baja press dan campuran besi tuang.

  1. Velg Baja Press

Velg tipe baja press atau pressed steel disc wheel terdiri atas rim yang sudah dilas pada cakram. Cakram sendiri dibuat dari lembaran baja yang dipres. Kelebihan pada velg tipe ini adalah kontruksi tersebut mudah untuk diproduksi dalam jumlah yang banyak. Kelebihan lainnya, banyak kendaraan mobil yang menggunakan tipe tersebut karena tahan lama dan kualitasnya merata.

Velg-Baja-Press.jpg
  1. Velg Campuran Besi Tuang

Disebut juga cast light alloy disc wheel. Velg tipe ini terbuat dari bahan campuran. Campuran tersebut berasal dari alumunium atau magnisum. Kebanyakan orang memakai tipe velg ini untuk mengurangi berat dan menambah penampilan kendaraan. Bisa dibilang, velg yang satu ini cocok untuk modifikasi mobil.

Velg-Campuran-Besi-Tuang.jpg

Referensi:

Carmudi.co.id

[Baca Juga: Cabriolet]

Artikel Lainnya

/media/images/Ground-Clearance.original.jpg

Ground Clearance

/media/images/Ilustrasi_mesin_VVT-i.original.jpg

VVT-i

/media/images/Ilustrasi_Fog_Lamp_Mobil.original.jpg

Fog Lamp

/media/images/Mobil_Crossover.original.jpg

Crossover