Valve.jpg

Valve

Rabu, 6 Februari 2019 17:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Valve atau biasa disebut klep pada mobil merupakan suatu komponen mesin yang terpasang pada bagian kepala silinder, valve bergerak sesuai dengan piston. Komponen ini menjadi sangat penting karena berfungsi untuk mengatur masuk dan keluarnya gas sisa pembakaran pada mesin. Pada umumnya, terdapat dua jenis klep yang terdapat pada mobil, yakni klep masuk dan klep buang.

  • Klep Masuk (Intake Valve)

Pada intake valve biasanya terletak pada saluran masuknya campuran bahan bakar dan udara dari karburator. Klep masuk beerfungsi sebagai pembuka dan penutup antara saluran masuk ke ruang bakar pada mesin. Penggerak yang membuka dan menutup ini digerakkan oleh camshaft.

  • Klep Buang (exhaust valve)

Pada exhaust valve terletak pada saluran pembuangan sisa gas pembakaran atau bisa disebut exhaust manifold. Klep buang berfungsi sebagai pembuka dan penutup antara saluran bahan bakar ke saluran buang kemudian menuju pada knalpot.

exhaust-valve.jpg

Terdapat adanya perbedaan pada dua jenis klep tersebut. Pertama adalah pada diameter klep masuk lebih besar daripada klep keluar, sebab klep masuk bertujuan untuk memaksimalkan aliran bahan bakar yang masuk ke dalam mesin. Kedua diameter pada klep buang lebih kecil karena gas buang lebih mudah keluar dari mesin karena adanya dorongan dari piston. Selain itu, gas buang juga mempunyai tekanan yang tinggi. Dengan begitu tidak akan sulit keluar dari mesin meskipun diameter klep buangnya kecil.

[Baca Juga: Hill Descent Control]

Referensi:

Showroommobil.com

Otoasia.com