Ilustrasi Mobil Bekas.jpg

Usia Mobil di Jakarta Dibatasi, Ini Kata Marketplace Mobil Bekas

Selasa, 13 Agustus 2019 17:00 | Galih Pratama

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membatasi usia kendaraan 10 tahun di jalanan ibu kota. Rencananya, aturan yang tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) ini akan diterapkan pada 2025. Aturan tersebut menimbulkan pro kontra dari berbagai pihak. Terutama bagi para pelaku usaha ataupun marketplace mobil bekas. Bagaimana tanggapan mereka?

Chief Executive Officer (CEO) BeliMobilGue, Johnny Widodo mengatakan bahwa kebijakan pembatasan usia mobil yang melintas di Jakarta tak akan menggangu roda bisnis penjualan mobil bekas.

“Bagi saya ini bukan masalah, justru peraturan ini sangat menarik dan sangat positif bagi pelaku bisnis mobil bekas,” kata Johnny di sela-sela acara media briefing BeliMobilGue di bilangan Jakarta, Selasa (13/8/2019).

[Baca Juga: Mantan Bos OVO Resmi Nahkodai BeliMobilGue]

CEO BeliMobilGue.jpg

Sebab, menurutnya, aturan pembatasan usia mobil justru akan mendorong masyarakat Jakarta berbondong-bondong menjual mobil dan menggantinya sesuai dengan aturan tersebut. Diketahui, rata-rata masyarakat Jakarta menjual mobilnya di usia 3 – 7 tahun.

“Banyak orang kemungkinan besar akan menjual mobilnya lebih cepat. Jadi buat saya dampaknya sangat positif bagi pelaku bisnis mobil bekas,” tambahnya.

Masih menurutnya, saat ini penjualan mobil bekas di Tanah Air per tahunnya bisa mencapai 3,5 juta unit mobil. Bahkan, data riset yang diperolehnya penjualan mobil bekas pada 2023 ditargetkan mampu mencapai 4,5 juta unit per tahun. “Melihat potensi pasar yang ada, saya yakin penjualan mobil bekas bisa melebihi dari target tersebut,” yakin Johnny.

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini untuk Asuransi Mobil Bekas]

Sementara mengenai jenis mobil bekas yang paling diminati, menurut Johnny, tak jauh berbeda dengan penjualan tertinggi mobil baru saat ini. Namun, kata Johnny, paling banyak dicari memang mobil jenis multi purpose vehicle (MPV).

“Karena mobil yang dijual pembeli tak jauh berbeda dengan mobil baru yang tengah diminati sekarang. Paling banyak ya tidak jauh dari mobil MPV buat keluarga,” tutupnya.