Ultah KTCI.jpg

Ultah ke-3, KTCI Satukan Keberagaman Membernya

Senin, 7 Oktober 2019 11:00 | Galih Pratama

OTOEVENT - Para pencinta mobil Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Calya yang tergabung dalam Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) merayakan anniversary atau ulang tahun (ultah) ke-3 di Anjungan Kalimantan Selatan, Taman Mini Indonesia Indah(TMII), Jakarta Timur, Minggu (6/10/2019).

Ada sebanyak 170 member yang berasal dari 16 chapter se-Nusantara ikut menghadiri acara yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB ini. Terlihat, nampak keceriaan terpancar dari raut wajah para member KTCI ketika mereka saling berjabat tangan satu sama lain.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan ultah komunitas Toyota Calya ini dirasa sangat unik dan sangat inspiratif. Pasalnya, di perayaan kali ini mengangkat tema ‘Yuuk Bersatu Lagi Hindari Isu SARA’ dengan menghadirkan hal-hal yang ‘berbau’ dengan keanekaragaman Nusantara.

“Akhir-akhir ini banyak kejadian anarkis dan brutal seperti di Wamena misalnya, itu semua hasil dari isu SARA. Makanya di 3rd Anniversary ini kita mengambil tema tersebut dengan cara membangun keanekaragaman Nusantara,” ujar Erlangga selaku Ketua Pelaksana 3rd Anniversary KTCI.

[Baca Juga: TOC Mempersatukan Komunitas Mobil Toyota di Tanah Air]

KTCI.jpg

Dia melanjutkan, tema tersebut tercermin dari balutan pakaian para panitia acara KTCI. Di mana setiap panitia mengenakan baju adat dari sejumlah daerah. Menurutnya, baju adat yang dikenakan panitia tersebut dijadikan sebagai simbol melawan isu SARA. “Semua panitia menggunakan baju daerah. Ini sebagai simbol melawan isu SARA,” tegas Erlangga.

KTCI juga menghadirkan sejumlah narasumber seperti influencer tokoh budaya dan Tentara Negara Indonesia (TNI). Para tokoh ataupun influencer tersebut membawa misi mengajak para member untuk tetap bersatu meski di antara mereka memiliki perbedaan. “Kita hadirkan narasumber sepurat TNI dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kebetulan ini juga dalam menyambut Dirgahayu TNI ke-4,” kata Didit.

“Melalui kegiatan ini, KTCI coba menyatukan keberagaman yang ada pada chapter-chapter agar tidak ada isu-isu SARA dalam komunitas sebelum jauh ke masyarakat luas,” tambahnya.

Untuk mencairkan suasana, panitia menggelar serangkaian kegiatan menarik. Mulai dari lomba anak, hiburan badut, live music, hingga servis mobil bareng yang bersama Astrido Fatmawati.

Komunitas Toyota Calya.jpg

Sehari sebelumnya, KTCI juga telah mengunjungi sekolah anak jalanan dan kurang mampu. Di sana para member mensosialisasikan bahaya sampah plastik dengan memberikan sumbangan botol minuman dan tempat makan. “Kita sumbang botol minum dan tempat makan. Jadi, mereka setiap hari membawa sendiri botolnya,” ujar Didit.

Blusukan ke Sumatera

Menyambut hari jadi ke-3, KTCI sebelumnya mereka blusukan ke Sumatera Selatan yang dijadikan juga sebagai agenda penutup tahun ini. Dalam kegiatan tersebut, sejumlah kegiatan sosial seperti mendonasikan alat-alat kebersihan ke Taman Nasional Way Kambas, lampu LED untuk sekolah-sekolah, hingga menyumbangkan kotak P3K dilakukan di sana.

[Baca Juga: 18 Komunitas Mobil Toyota Realisasikan Program Kegiatan Sosial]

Perjalanan blusukan ke Sumatera Selatan sekaligus melakukan kegiatan sosial menjadi yang pertama kali dilakukan komunias ini. Blusukan ini dijadikan agenda penutup KTCI pada 2019. “Ini jejak pertama kita di Pulau Sumatera. Awal tahun depan, rencananya kami akan melanjutkan jejak selanjutnya. Semoga KTCI lebih baik,” ujar Sapto Prayitno, Ketua Umum KTCI.

KTCI kini sudah memiliki 25 chapter yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Mereka mempunyai budaya, bahasa, adat yang berbeda. Meski begitu, KTCI memiliki tujuan untuk mempersatukan mereka dalam naungan komunitas. Sehingga diharapkan tak ada perpecahan di antara mereka. Selamat Ulang Tahun ke-3 KTCI.