U-Groove

U-Groove

Minggu, 27 Januari 2019 18:00 | Galih Pratama

U-Groove adalah bentuk busi dengan satu sisi elektrodanya seperti huruf ‘U’. Bentuk tersebut bertujuan untuk menyempurnakan pembakaran. Pembakaran yang sempurna akan mengoptimalkan kinerja mesin dan menambah efisiensi pemakaian bahan bakar pada kendaraan.

Cara Kerja

U-Groove pada elektroda netral akan memperbesar bola api yang dihasilkan tanpa harus memperbesar jarak inti elektroda dengan elektroda netral. Dengan begitu, busi dengan U-Groove atau alur ‘U’ akan mempermudah penyebaran inti bola api yang selanjutnya akan menambah energi pembakaran di mesin.

[Baca Juga: Direct Injection]

Hal ini berbeda dengan busi tanpa alur ‘U’, metode untuk memperbesar bola api adalah dengan cara menambahkan jarak elektroda (celah busi). Namun perlu diingat, jika celah busi terlalu rapat kemungkinan mesin mobil atau motor akan cepat overheat karena pengapian yang terlalu cepat. Apabila terlalu renggang, pengapian mesin justru akan menjadi tidak stabil karena hantaran listrik terlalu jauh dari elektrodanya.

[Baca Juga: Kondensor]

Hal ini berbeda dengan U-Groove, Anda tak perlu memperbesar jarak elektroda netral dan positif. Sehingga busi dengan alur ‘U’ sangat memungkinkan mesin akan mendapatkan pengapian yang sempurna tanpa mengubah atau memodifikasi bentuk serta strandar asli dari pabrikan.