Alvin Bahar.jpg

Tunggu Keputusan IMI, Alvin Bahar Kandidat Kuat Juara Nasional 2019

Senin, 2 Desember 2019 7:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) telah menuntaskan seri pamungkasnya yang digelar di sirkuit jalan raya BSD Grand Prix, Tangerang, Minggu (1/12/2019). Putaran seri ke-7 kali ini menampilkan pertarungan yang sengit dari dua pembalap bertalenta Alvin Bahar dari Honda Racing Indonesia dan Haridarma Manoppo (Toyota Team Indonesia).

Alvin Bahar yang memulai pole position ketiga tampil cukup apik sepanjang 12 putaran yang dipertandingkan. Hanya saja, Dewi Fortuna tak memihak kepadanya. Dia harus puas finish di urutan kedua. Finish pertama direngkuh Haridarma, sedangkan posisi ketiga diraih Demas Agil.

Meski sudah menuntaskan seri terakhirnya, pengumumam resmi terkait juara nasional ajang ini belum ditentukan dan masih menunggu keputusan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

[Baca Juga: Komunitas Honda Civic Type R Jajal Sirkuit Baru BSD Grand Prix]

Namun, Alvin Bahar menjadi kandidat kuat untuk mempertahankan juara nasional. Hal ini tak lepas dari didiskualifikasinya Haridarma Manoppo pada putaran ISSOM Night Race, September lalu. Berdasarkan peraturan buku merah balap mobil IMI, pembalap yang didiskualifikasi poinnya tentu dihapus.

Dengan begitu, hingga seri pamungkas di sirkuit jalan raya BSD Grand Prix, Alvin memimpin dengan perolehan 73 poin. Di posisi kedua dibuntuti Demas Agil (TTI) dengan 54 angka dan Avila Bahar dari ABM Motorsport di tempat ketiga dengan 50 poin. Sedangkan Haridarma berada di tempat keempat dengan total 44 poin.

Apabila perhitungan tersebut benar-benar terjadi, artinya Alvin Bahar sudah dipastikan kembali menjadi juara nasional. Raihan ini tentunya cukup istimewa, karena pembalap senior tersebut mampu menorehkan delapan gelar juara nasional.

Jalan Pertandingan

Cuaca di BSD Grand Prix siang itu bisa dibilang tak menentu. Awalnya terik matahari sangat menyengat di arena sirkuit, namun tiba-tiba hujan turun sebelum race dimulai. Sebagian pembalap pun mengatur ulang strategi atau settingan di lintasan.

Tepat pukul 14.10 WIB, seluruh pembalap memasuki arena lintasan baru BSD Grand Prix. Haridarma yang memulai start di posisi pertama ini terlihat cukup ambisi untuk merebut juara di seri pamungkas tersebut. Pada putaran pertama, dia langsung ditempel ketat oleh Alvin Bahar.

[Baca Juga: 4 Pembalap Indonesia yang Mendunia]

Pertarungan ketat antara Haridarma Manoppo dan Alvin Bahar memang sudah diprediksi sebelum pertandingan dimulai. Namun, Haridarma cukup konsisten mempertahankan posisi pertamanya. Hingga lap ke-12, dia berhasil mengungguli Alvin Bahar.