tranmisi.jpg

Tuas Transmisi

Kamis, 7 Februari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Tuas transmisi merupakan sistem yang terdapat pemindah gigi dan dapat dioperasikan dengan tangan. Umumnya, saat melakukan perpindahan gigi itu, berarti kecepatan yang dihasilkan pun akan bertambah, gigi tersebut dirangkai dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan.

[Baca Juga: MANUAL]

Jenis Transmisi

Terdapat dua jenis transmisi pada mobil yakni di lantai dan setir. Untuk mobil saat ini banyak yang menggunakan transmisi lantai sebagai pengatur gigi, walaupun tidak sedikit pula mobil kekinian yang menyematkan transmisi manual pada setir. Kebanyakan mobil Amerika lah yang menggunakan transmisi pada setir.

  1. Tuas Transmisi Lantai
Tuas Transmisi Lantai.jpg

Susunan 5 gigi kecepatan yang lazim digunakan pada mobil modern ditambah dengan satu gigi mundur yang ditandai dengan R. Penempatan gigi mundur (R) krusial karena bisa salah memasukkan dapat mengganggu jalannya kendaraan, karena kalau dari gigi 5 salah pindah ke mundur bisa berakibat fatal.

2. Tuas Transmisi Setir

Tuas Transmisi Setir.jpg

Mobil dengan 3 gigi maju yang merupakan susunan gigi percepatan mobil-mobil Amerika keluaran tahun 1930an sampai dengan tahun 1950an yang pada waktu itu dijuluki "three on the three"