Truk Listrik Volvo.jpg

Truk dan Bus Listrik Volvo Akan Masuk ke Indonesia

Senin, 19 Agustus 2019 14:00 | Galih Pratama

Gong era mobil listrik telah ditabuh setelah Presiden Joko Widodo menandatangani dan menerbitkan Peraturan Presiden (Prepres) tentang kendaraan listrik. Perpers ini diyakini mampu mendorong para produsen mobil menghadirkan kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

Sebenarnya, kehadiran kendaraan berbasis listrik di Tanah Air sudah ada dan telah dipasarkan sebagian produsen mobil. Hanya saja, pergerakan pasarnya dianggap masih kurang masif dan hanya sebatas beberapa model mobil saja, misalnya mobil penumpang.

Seakan tak mau kalah, mobil model seperti bus dan truk listrik juga akan menujukkan tajinya di pasar otomotif. Kabar ini datang dari PT Wahana Inti Selaras, distributor resmi truk dan bus Volvo di Indonesia. Mereka mengaku tengah menyiapkan kendaraan komersial bertenaga listrik untuk pasar Indonesia. Ada dua model yang akan diperkenalkan, yakni bus dan truk.

[Baca Juga: Pemerintah Targetkan 400 Ribu Mobil Listrik Tahun 2025]

Kepastian tersebut diungkapkan oleh CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) Bambang Prijono. Dia mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan peluncuran mobil komersial bertenaga listrik.

“Pasti suatu saat kita masukan (bus dan truk listrik), cuma belum tahun ini. Tapi pasti itu tidak lama lagi," ujar Bambang di sela-sela acara pengumuman pemenang Volvo Trucks Driver Challenge 2019 di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Kamis (15/8/2019).

Dari dua model (bus dan truk) tersebut, Bambang belum bisa memastikan apa yang akan lebih dulu diperkenalkan. Namun, dia memberikan bocoran bahwa bus bertenaga listrik akan diboyong ke Indonesia.

“Untuk bus sendiri saat ini sedang diuji coba di Singapura. Bus hybrid sudah berjalan, di Singapura bus hybrid sudah berjalan,” tambahnya.

[Baca Juga: Sopir Truk Asal Kaltim Wakili Indonesia Kompetisi Volvo di Swedia]

Sementara untuk truk, Volvo sendiri sebenarnya pada awal tahun sudah mendistribusikan truk listrik mereka yang bernama Volvo FL Electric, dan Volvo FE Electric. Dua model truk listrik tersebut memang baru dipasarkan di negeri asalnya, Swedia.

Pertengahan tahun ini, dikabarkan mereka mulai memproduksi massal truk listik tersebut. Target pasarnya adalah kawasan Eropa. Meski begitu, bukan tidak mungkin kedua truk tersebut akan hadir di Indonesia. Patut kita tunggu kehadiran mobil truk ataupun bus lansiran Volvo.