Trik Mengendarai Mobil Matik Agar Irit Bensin

Trik Mengendarai Mobil Matik Agar Irit Bensin

Jumat, 8 Februari 2019 12:00 | Galih Pratama

Mengendarai mobil bertransmisi otomatis atau matik tak semudah yang dikira. Anda harus benar-benar memahami kinerja dari transmisi mobil matik. Selain itu, gaya mengendarai mobil matik juga perlu diperhatikan. Sebab, cara mengendarai mobil matik nyatanya akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar mobil.

Jika cara mengendarainya tak beraturan atau asal, bukan tidak mungkin konsumsi bahan bakar mobil akan boros. Untuk menghindari hal tersebut, sebenarnya ada trik untuk menghemat bensin saat mengendarai mobil matik. Berikut ini beberapa tips mengendarai mobil matik agar bensin tidak boros.

[Baca Juga: Mengendarai Mobil Transmisi Matic yang Benar]

1 Jaga Momentum

Dilansir dari oto.detik.com pada Kamis (3/1/2019), Anda harus menjaga momentum ketika berkendara atau mengendarai mobil matik. Artinya, Anda jangan terlalu sering menambah dan mengurangi kecepatan mendadak ketika mengendarai mobil. Sebab, untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang lebih, dibutuhkan konsistensi kecepatan saat mengendarai mobil matik.

2 Jauhkan Kaki dari Pedal Rem

Trik lain yang bisa dilakukan adalah hindari kebiasaan meletakkan kaki di atas pedal rem. Meskipun kaki Anda hanya menggantung di atas pedal rem, ternyata hal tersebut memberikan tekanan terhadap mobil. Ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

3 Perhatikan Jarak Aman

Seperti dilansir dari viva.co.id, hal lain yang harus diperhatikan agar mobil matik irit adalah menjaga jarak aman. Hal tersebut tak hanya bermanfaat untuk mencegah tabrakan, tapi juga berhubungan dengan jumlah konsumsi bahan bakar saat mengemudi. Dengan menjaga jarak aman, Anda bisa menurunkan kecepatan secara perlahan. Sehingga ketika ingin berakselerasi kembali tak banyak tenaga yang terbuang.

[Baca Juga: Tips Hemat Bensin]

4 Posisi Terjebak Kemacetan

Pada saat terjebak macet, ada baiknya Anda menempatkan tuas transmisi pada posisi 2/S, yang berarti kendaraan sedang melaju dalam kecepatan gigi 1-2 pada transmisi manual. Pada posisi ini, terdapat engine break yang fungsinya melakukan pengereman mesin. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu sering menginjak pedal rem.

Demikian trik atau cara mengendarai mobil matik yang benar agar irit bahan bakar. Mengendarai matik yang benar juga akan berpengaruh terhadap performa mesin mobil matik Anda. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik