Trik-Agar-Spion-Mobil-Tak-Jadi-Sasaran-Pencuri.jpg

Trik Agar Spion Mobil Tak Jadi Sasaran Pencuri

Jumat, 16 November 2018 17:00 | Galih Pratama

Spion mobil jadi komponen yang kerap kali menjadi incaran para pelaku kejahatan. Tengok saja di Ibukota, kasus pencurian kaca spion mobil bisa dibilang cukup tinggi. Bahkan ada sebagian kasus tersebut menjadi viral di media sosial. Kondisi ini memang tak lepas dari harga jual beberapa jenis spion yang cukup tinggi.

Kebanyakan kasus pencurian ini terjadi saat mobil terparkir atau berhenti di lampu lalu lintas. Untuk mencegah spion mobil Anda dicuri saat situasi tersebut, ada beberapa cara atau trik yang bisa dilakukan.

Seperti dilansir dari gridoto.com pada Kamis (15/11/2018), hal pertama yang Anda bisa dilakukan adalah mencari tempat parkir yang aman. Lokasi parkir tersebut ada baiknya terdapat petugas penjaganya. Sementara bagi Anda yang kerap kali parkir di pinggir jalan, sebelum meninggalkan mobil, pastikan kaca spion Anda selalu dilipat. Tujuannya agar tak mudah dipatahkan oleh pelaku kejahatan. Ingat, mayoritas kasus pencurian ini terjadi saat mobil diparkir di pinggir jalan.

Trik-Agar-Spion-Mobil-Tak-Jadi-Sasaran-Pencuri-2.jpg

Selain di pinggir jalan, pencuri spion mobil juga kerap melancarkan aksinya di lampu lalu lintas ataupun di tengah kemecatan. Dilansir dari liputan6.com, saat kondisi seperti ini, Anda harus menjaga jarak dengan mobil di depan. Jika ada orang yang mencurigakan mendekati mobil, Anda memiliki jarak untuk memajukan mobil ke depan untuk menghindari orang yang mencurigakan tersebut.

Cara lain untuk meminimalisir risiko pencurian kaca spion mobil adalah menggrafir kaca spion dengan plat nomor mobil. Selain sebagai penanda, grafir nomor di kaca spion rupanya bisa menurunkan harga nilai jual spion. Harapannya, agar pencuri berpikir dua kali untuk mengambil kaca spion yang telah digrafir.

[Baca Juga: Trik Mengendarai Mobil Matik Agar Irit Bensin]

Terakhir, Anda bisa melakukan trik yang sangat simpel namun tak kalah jitu dengan cara grafir kaca spion. Anda cukup membutuhkan kabel listrik tak lebih dari 30 centimeter, selotip transparan yang cukup lebar, dan gunting. Pertama, kupaslah kabel listrik untuk mendapatkan serabut tembaga kabel. Selanjutnya, ambil sehelai serabut tembaga, tempelkan pada kaca spion dan lekatkan dengan selotip transparan.

Bentuklah serabut tembaga tadi secara acak sehingga sepintas menyerupai kaca yang pecah. Diyakini pencuri akan mengira kaca spion mobil Anda sudah retak ataupun pecah, sehingga mengurungkan niatnya untuk mencuri. Selamat mencoba.