Toyota Supra.jpg

Toyota Supra Akan Diluncurkan di GIIAS 2019?

Selasa, 25 Juni 2019 13:00 | Galih Pratama

Pasar otomotif Tanah Air akan kembali diramaikan dengan kehadiran mobil sport yang cukup legendaris. Toyota Supra namanya. PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan memboyong Toyota Supra generasi terbaru dalam waktu dekat ini. Akankah diluncurkan pada pameran GIIAS 2019?

“Kami sedang persiapkan dan fokus untuk launching (Toyota Supra). Meluncur di GIIAS 2019? Belum bisa dipastikan, tapi tak akan lama lagi,” ujar Marketing Manager PT TAM, Anton Jimmi Suwandy seperti dilansir inews.id, Selasa (25/6/2019).

Diakuinya, minat pasar pada mobil segmen ini memang cukup tinggi. Banyak pertanyaan dari konsumen ke dealer, bahkan sejak beberapa bulan lalu sudah banyak pertanyaan mengenai mobil legendaris ini.

[Baca Juga: Aston Martin Edisi James Bond Segera Mendarat di Indonesia]

“Konsumen yang ingin membeli, belum bisa melakukan pemesanan. Harganya pun masih didiskusikan. Pengiriman atau kuota juga tergantung dari produksi. Model itu memang sangat tinggi permintaannya di dunia, jadi kita sedang urus semuanya,” tambah Anton.

Mesin Toyota Supra.jpg

Toyota Supra yang dipasarkan di Indonesia akan menggendong mesin 3.0 liter dengan turbochargerd inline 6 silinder 3.000 cc. Mesin tersebut bertenaga 355 tenaga kuda (tk) dengan torsi 495 Nm.

Selain mesin 6 silinder, diketahui mesin Supra juga terdapat pilihan lain dengan mesin 4 silinder output maksimal 197 tk dan torsi 320 Nm dan terakhir ada pilihan mesin 4-silinder 2.000 cc berdaya 256 tk dengan torsi 400 Nm. Kedua mesin ini juga dikawinkan dengan sepasang turbocharger.

Sementara itu, belum lama ini di laman resmi Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) DKI Jakarta sudah terdaftar bahwa mobil Toyota Supra dengan kubikasi 3.000 cc. Mobil tersebut memiliki nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) hingga Rp1,492 miliar.

Interior toyota supra.jpg

Seperti diketahui, Toyota Supra pertama kali diluncurkan pada 1978 silam di Jepang. Model Mark I atau MK I ini merupakan sebuahmobil sport yang dikembangkan dari Toyota Celica Liftback. Fastback coupe generasi pertama ini beredar mulai 1978 hingga 1981 dan mulai menjalani ekspor keluar Jepang pada 1979.

[Baca Juga: Coupe]

Peremajaan mobil ini pun terus dilakukan. Supra A80, misalnya, generasi Supra ini menjadi sejarah terpanjang produksi Supra rancangan Isao Tsuzuki di dunia. Bahkan, hingga saat ini, mobil ini masih diburu oleh konsumen.

Kehadiran Toyota Supra generasi terbaru di Indonesia tentu sudah ditunggu-tunggu oleh sebagian pencinta otomotif. Diyakini, mobil ini akan mendapatkan respons positif dari pasar otomotif Tanah Air.