Fitur Toyota.jpg

Toyota Segera Pasang Fitur Matikan Mesin dan Parkir Otomatis

Senin, 17 Juni 2019 17:00 | Galih Pratama

Salah satu produsen mobil ternama Toyota seakan tak pernah berhenti berinovasi menghadirkan fitur maupun teknologi pada produknya. Terbaru, mereka mengumumkan akan menghadirkan teknologi yang akan membantu para pemilik mobil lansiran Jepang ini. Teknologi apakah itu?

Melansir otosia.com, Senin (17/6/2019), mulai tahun depan, Toyota akan menghadirkan dua teknlogi terbarunya, yakni Auto Shut Off dan Automatic Park. Khusus Auto Shut Off, fitur ini akan disematkan sebagian besar model mobil Toyota produksi 2020 di Amerika Serikat.

Sesuai namanya, teknologi ini akan secara otomatis mematikan mesin setelah jangka waktu yang ditentukan. Sistem ini didesain untuk mencegah terjadinya kecelakaan selama mesin idling. Pasalnya, mesin yang masih menyala tanpa disadari oleh pemiliknya, bisa berpotensi berbahaya. Apalagi pemiliknya meninggalkan mobil dalam kondisi menyala saat diparkir tempat umum atau pun di garasi rumah.

[Baca Juga: Tidak Punya Garasi untuk Parkir Mobil? Berikut Tipsnya!]

Tak sekadar kemampuan untuk mematikan mobil secara otomatis, teknologi ini juga akan terus di-upgrade sehingga bisa mencakup pemberitahuan yang dapat dikirim ke aplikasi smartphone.

Selanjutnya teknologi Automatic Park. Dilansir dari inews.com, teknologi ini dilengkapi dengan sistem pengereman parkir. Secara otomatis, sistem ini akan mengaktifkan mode parkir atau mengaktifkan electronic parking brake. Dengan begitu, diharapkan bisa mengurangi hal-hal yang tak dinginkan, terutama bagi sebagian pengemudi yang secara tiba-tiba keluar dari kendaran tanpa memindahkan transmisi.

Menurut Toyota, teknologi Automatic Park ini dibangun berdasarkan peringatan visual dan suara yang saat ini mengingatkan pengemudi jika kendaraan tidak ada di tempat parkir.

Toyota mengatakan fitur-fitur baru ini merupakan bagian dari komitmen tanpa henti mereka untuk perbaikan secara terus-menerus. Teknologi ini adalah fitur bagus yang diharapkan akan mencegah pengemudi secara tidak sengaja melukai diri sendiri atau orang lain.

[Baca Juga: Mengenal Fitur Teknologi Keamanan Immobilizer]

Kedua fitur yang akan dihadirkan Toyota tahun depan ini dikabarkan baru bisa dirasakan masyarakat Amerika Serikat. Belum ada informasi resmi kapan teknologi ini juga dihadirkan pada produk Toyota yang dipasarkan di Asia, khususnya Indonesia. Patut kita tunggu kehadirannya.