Airbag Toyota Rush.jpg

Toyota Recall Ribuan All New Rush, Ada Apa?

Selasa, 16 Juli 2019 14:00 | Galih Pratama

Kabar mengejutkan datang dari PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemilik Merek (APM) Toyota di Tanah Air. Mereka menarik atau me-recall sebanyak 60.000 unit mobil model low Sport Utility Vehicle (SUV) andalannya, yakni All New Rush. Ada apa?

Melansir kompas.com, Selasa (16/7/2019), penarikan massal Toyota All New Rush tersebut terkait dengan masalah pada bagian Curtain Shield Airbag. PT TAM pun langsung meresponsnya dengan melakukan kampanye perbaikan masalah tersebut.

“Demi safety dan memberikan Peace of Mind, kami akan menginformasikan para pemilik Rush untuk mengganti ECU airbag kendaraannya,” ujar Yoshiro Nakata, President Director PT TAM dalam siaran resminya.

[Baca Juga: Ternyata, Airbag Juga Bisa Sebabkan Kematian]

Dia menjelaskan, program penarikan kembali atau recall ini ditujukan kepada kurang lebih 60.000 pelanggan All New Rush produksi antara akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019. Informasi ini disebar melalui surat resmi maupun melalui saluran komunikasi seperti di media massa dan situs resmi Toyota.

Mengenai proses perbaikan atau pergantian komponen bermasalah tersebut, kata Nakata, bisa dilakukan seluruh bengkel resmi Toyota dan tanpa dipungut biaya sama sekali atau gratis. “Proses pergantiannya juga sangat mudah. Bisa dilakukan di bengkel resmi kami dan gratis,” tambah Nakata.

Untuk memastikan pelanggan segera melakukan pergantian ECU airbag Rush, seluruh jaringan Toyota juga dilibatkan. Mengingat permasalahan ini bisa berpotensi di mana curtain airbag bisa mengembang secara tidak sengaja atau dengan sendirinya pada kondisi tertentu karena adanya program komputer yang tidak sesuai.

Toyota merekomendasi para pemilik Rush untuk segera mengecek kendaraannya melalui berbagai saluran komunikasi yang telah disiapkan khusus demi memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

[Baca Juga: Tahun Depan, Toyota Gencar Luncurkan Mobil Listrik]

Program recall untuk Rush sendiri sudah diberlakukan per Senin (15/7/2019) di seluruh jaringan resmi Toyota di Tanah Air. “Saya berharap seluruh konsumen Toyota All New Rush yang mobilnya teridentifikasi dapat mengunjungi bengkel resmi Toyota terdekat untuk melakukan perbaikan,” kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy seperti dilansir cnnindonesia.com.