Toyota All New Corolla Altis.jpg

Toyota Luncurkan All New Corolla Altis, Ada Varian Hybrid

Kamis, 12 September 2019 17:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Meski pasar mobil sedan kurang bergairah di Tanah Air, ternyata tak menyurutkan semangat PT Toyota Astra Motor atau TAM untuk menghadirkan varian teranyarnya pada jenis mobil ini. Hari ini, Kamis (12/9/2019), mereka memperkenalkan All New Corolla Altis yang dikembangkan dengan dalam platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

“Penggunaan platform TNGA pada pengembangan All New Corolla Altis merupakan bagian komitmen Toyota untuk senantiasa menghadirkan mobil yang lebih baik sesuai dengan perkembangan kebutuhan pelanggan dan teknologi yang ada,” kata President Director PT TAM, Yoshihiro Nakata di sela-sela konferensi pers di bilangan SCBD, Jakarta.

Eksterior All New Corolla Altis.jpg

All New Corolla Altis generasi ke-12 ini hadir dalam 3 varian yang semuanya memiliki transmisi CVT, yaitu All New Corolla Altis 1.8 G dan 1.8 V dengan engine berbahan bakar gasoline dan All New Corolla Altis HEV dengan teknologi Hybrid generasi ke-4.

[Baca Juga: Soal Mobil Listrik, Toyota: Masyarakat Perlu Edukasi]

Khusus All New Corolla Altis HEV, mobil ini telah disematkan teknologi HEV generasi terbaru dari Toyota. Terdapat motor listrik P610 HEV transaxle yang mampu menyemburkan 70 tenaga kuda atau setara dengan Hybrid 4-cylinder. Tenaga motor listrik tersebut kemudian dikawinkan dengan mesin 2ZR-FXE. Sedangkan untuk varian 1.8 G dan V, keduanya menggendong mesin bertenaga 1.800 cc.

Mesin All New Corolla Altis.jpg

Corolla Altis generasi terbaru memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm, serta menyuguhkan center of gravity yang lebih rendah 20 mm dibanding generasi sebelumnya, sehingga diklaim lebih stabil.

Dari sisi eksterior, All New Corolla Altis mengusung konsep Modern Prestige. Garis desain eksterior mobil ini menonjolkan gaya yang lebih berwibawa namun tetap halus. Didukung penggunaan platform TNGA, dimensi kendaraan ini tampak lebih luas dan lebih rendah sehingga menonjolkan stabilitas yang kuat.

Interior All New Corolla Altis.jpg

Bergeser ke bagian interior, kabin didesain lebih luas sehingga tidak hanya terasa lapang. Ventilasi udara mobil ini juga lebih memastikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang selama dalam perjalanan.

[Baca Juga: Tahun Depan, Toyota Gencar Luncurkan Mobil Listrik]

Sementara untuk menunjang keselamatan penghuni kabin, Corolla Altis varian G, V, dan Hybrid dilengkapi tujuh airbags dan fitur blind spot monitor. Khusus model hybrid terdapat fitur baru, yaitu Toyota Safety Sense (TSS) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Mengenai harga, All New Corolla Altis lebih mahal sekira Rp13 juta dari model sebelumnya. Harga barunya mulai dari Rp468,2 juta versi konvensional dan model hybrid Rp566,3 juta. TAM menargetkan penjualan mobil ini bisa mencapai Rp50 unit dalam satu bulan.