supra-2000-1.jpg

Toyota GR Supra Akhirnya Hadir Dengan Varian Mesin 2,0 Liter

Kamis, 16 Januari 2020 16:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Satu tahun setelah penampilan perdana GR Supra di ajang North American International Auto Show di Detroit, Amerika Serikat, kini Toyota mengumumkan kabar gembira bagi penyuka mobil sport, yakni dengan meluncurkan GR Supra yang bermesin empat silinder 2,0 liter turbocharger. Langkah Toyota ini dimaksudkan untuk melengkapi jajaran GR Supra yang sebelumnya dipasarkan dengan pilihan mesin enam silinder 3,0 liter turbocharger.

Toyota GR Supra menjadi produk global yang dikembangkan oleh Toyota GAZOO Racing, dengan karakter sebagai mobil sport dua tempat duduk, berkonfigurasi mesin depan dan berpenggerak belakang, berdimensi kompak, serta memiliki pengendalian yang optimal.

Toyota yakin bahwa GR Supra bermesin 2,0 liter ini akan memikat hati para pecinta mobil sport.

Mesin 2,0 liter baru tersebut diyakini akan membuka potensi pasar dan menarik minat banyak konsumen mobil sport di dunia. Mesin ini berukuran kompak dan memiliki bobot yang lebih ringan 100 kg dibandingkan dengan unit mesin 3,0 liter. Terlebih lagi Toyota memposisikan mesin tersebut mendekati titik pusat gravitasi kendaraan, sehingga akan meningkatkan stabilitas berkendara.

“Untuk mendapatkan kedinamisan berkendara dan tetap stabil saat meninkung, kami bekerja keras untuk menekan bobot kendaraan dan berfokus untuk mendapatkan keseimbangan bobot kendaraan dengan rasio 50:50. Hal tersebut tentu menjadi tantangan berat, namun kami tidak ingin kompromi dengan tantangan tersebut,” ujar Tetsuya Tada, selaku GR Supra Chief Engineer, dalam rilis yang diterima Otopedia (16/1/20).

Mesin 4 silinder 2,0 liter dengan twin-scroll turbocharger ini menghasilkan tenaga sebesar 258 hp.

Mesin empat silinder dengan twin-scroll turbocharger bertenaga 258 hp dan memiliki torsi 400 Nm tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis ZF 8HP 51 8-speed. Performa Toyota GR Supra bermesin 2,0 liter juga layaknya mobil sport papan atas, dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik dan top speed mencapai 250 km/jam (dibatasi secara elektronis).

[Baca Juga: Ini Hasilnya Jika AC Schnitzer Menggarap Toyota GR Supra]

Sebagai varian entry-level, Toyota GR Supra 2.0 dipasarkan dengan spesifikasi Live, yang dilengkapi dengan fitur standar seperti velg alloy berukuran 18 inci, sistem audio dengan layar 8,8 inci dan empat speaker, hingga jok model sport yang dibalut bahan Alcantara. Paket Toyota Supra Safety juga disediakan, dengan fitur Pre-Crash Safety with Braking Function, Pedestrian and Cyclist detection with Braking Function, Lane Keep Assist with Active Steering, Road Sign Assist and an Intelligent Speed Assist.

Seiring peluncurannya, Toyota membuat versi khusus GR Supra Fuji Speedway.

Toyota juga memberi kebebasan bagi konsumen untuk memiliki spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan preferensi mereka, mulai dari tampilan, konektivitas, hingga fitur performa. Untuk spesifikasi Connect, tersedia sistem navigasi dan konektivitas. Sedangkan untuk spesifikasi Sport dilengkapi dengan diferensial aktif, suspensi adaptif, hingga komponen pengereman yang ditingkatkan.

[Baca Juga: Beli Toyota GR Supra, Marcus Gideon: Saya Suka Mobilnya, Kenceng!]

Khusus untuk spesifikasi Premium, konsumen mendapatkan kenyamanan tingkat tinggi, mulai dari sistem audio JBL dengan 12 speaker, head-up display, charger wireless untuk ponsel, jok elektris dengan memory setting, interior dengan balutan bahan kulit warna hitam, ditambah lagi dengan sejumlah fitur pada spesifikasi Connect.

Interior Toyota GR Supra Fuji Speedway disertai dengan trims serat karbon pada dashboard.

Seiring dengan peluncurkan Toyota GR Supra 2,0 liter, tersedia versi khusus dengan jumlah terbatas, yakni Fuji Speedway. Versi ini memiliki bodi yang berwarna putih metalik dan spion berwarna merah, serta velg alloy 19 inci berwarna hitam (matte black). Untuk interior, terdapat trim serat karbon pada dashboard dan penggunaan material Alcantara berwarna merah serta hitam. Perpaduan warna yang ada pada Toyota GR Supra Fuji Speedway ini merefleksikan warna khas Toyota GAZOO Racing. Toyota GR Supra Fuji Speedway hadir dengan semua fitur yang terdapat pada spesifikasi Connect dan Sport.