TOC-Rumah-Para-Pencinta-Mobil-Toyota-3.jpg

TOC Mempersatukan Komunitas Mobil Toyota di Tanah Air

Kamis, 22 November 2018 16:00 | Galih Pratama

Harus diakui, apapun varian atau jenis mobil Toyota yang dipasarkan selalu laris di pasar otomotif Tanah Air. Bahkan dari tahun ke tahun, peminat mobil besutan Jepang ini tak pernah surut. Justru, trennya terus bertambah. Tengok saja di jalanan ibukota, mudah kita jumpai mobil berbagai tipe dan jenis dengan merek Toyota.

Tingginya peminat mobil Toyota ternyata mendorong sebagian pemilik mobil merek Toyota dengan berbagai tipe atau jenis membentuk komunitas. Buktinya, kini ada puluhan komunitas mobil Toyota yang eksis di Tanah Air. Sebut saja Tayota Kijang Club Indonesia (TKCI), Toyota Sienta Community Indonesia (TSCI), Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI), Toyota AGYA Club (TAC), TERUCI (Rush Club), Toyota Soluna Vios Club (TSVC), dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Melihat Keseruan Berkemah Bersama ala ERCI Tangerang]

Para member atau anggota komunitas tersebut tentu punya keterbatasan ruang untuk membaur atau bergabung dengan komunitas mobil Toyota yang memiliki varian atau jenis yang berbeda. Untuk menghilangkan sekat tersebut, lahirlah komunitas Toyota Owner Club (TOC). Komunitas ini hadir untuk merangkul para member komunitas mobil Toyota dari berbagai varian atau jenis.

TOC-Rumah-Para-Pencinta-Mobil-Toyota-2.jpg

Tercatat kini ada 18 komunitas mobil Toyota dari berbagai varian yang bergabung dalam TOC. Dilansir dari toyota.astra.co.id pada Rabu (21/11/2018), TOC yang terbentuk pada 2015 lalu ini, jadi ‘rumah’ berkumpulnya para member dari berbagai komunitas Toyota yang telah eksis untuk bergerak bersama mengadakan berbagai kegiatan positif.

Salah satunya adalah mengampanyekan keselamatan berkendara. Terutama kepada semua anggota dan pengguna jalan. Sudah banyak kegiatan bertema safety driving yang digelar TOC. Misalnya belum lama ini, mereka menggelar kegiatan safety campaign di daerah Purwokerto, Kuningan, Cilacap, Karawang, hingga Tangerang. Bahkan komunitas ini pernah menggelar pelatihan khusus pengemudi wanita di Jakarta.

Kegiatan sosial juga tak luput dari perhatian komunitas ini. Seperti dilansir dari gridoto,com, mereka telah menggelar kegiatan sosial di 15 yayasan dan tiga sekolah di Pulau Jawa maupun di daerah Timur Indonesia. Program penanaman pohon juga pernah dilakukan komunitas ini di kawasan Bogor.

TOC-Rumah-Para-Pencinta-Mobil-Toyota.jpg

Sementara dilihat dari kepengurusan, komunitas TOC yang berada dalam naungan PT Toyota Astra Motor (TAM) ini justru tak memiliki kepengurusan resmi layaknya komunitas mobil pada umumnya. Tak ada ketua, sekretaris, bendahara, dan lainnya dalam komunitas ini.

Tujuan tak dibentuknya kepengurusan tersebut, TOC menginginkan semua member yang bergabung selalu aktif dan berkontribusi dalam segala hal. Terbukti, meski tak memiliki kepengurusan, komunitas ini tetap eksis dan selalu menggelar berbagai kegiatan positif.

Artikel Lainnya

/media/images/Ultah-KTCI.original.jpg

Ultah ke-3, KTCI Satukan Keberagaman Membernya