Plafon Mobil.jpg

Tips Mudah Bersihkan Plafon Mobil Saat WFH

Rabu, 1 April 2020 17:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Setidaknya sudah tiga pekan, masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya, telah menerapkan bekerja di rumah atau Work From Home (WFH). Rasa jenuh dan bosan pun terkadang menghinggapi. Untuk menghilangkan rasa tersebut, tak ada salahnya jika Anda luangkan waktu sedikit untuk merawat mobil kesayangan.

Perawatan yang dilakukan tak perlu yang berat-berat. Misalnya membersihkan plafon interior mobil. Ya, bagian ini sepertinya kerap kali dilupakan sebagian pemilik mobil. Padahal, debu atau kotoran yang menempel terlalu lama pada bagian ini akan sulit dibersihkan.

Ditambah lagi plafon interior yang terbuat dari bahan pelapis kain yang cerah seperti putih atau abu-abu, dipastikan pemilik mobil makin kesulitan untuk membersihkannya.

[Baca Juga: Perawatan Interior Mobil Agar Terhindar Ancaman Virus Corona]

Seperti dijelaskan Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, lapisan plafon memang jadi bagian yang paling sulit untuk dibersihkan bila sudah kotor. Apalagi bila noda yang menempel itu sudah tergolong lama.

“Tergantung dari kotornya kenapa, debu atau noda, biasanya kalau debu masih bisa dibersihkan, tapi kalau noda bekas tangan atau apapun lainnya akan sulit. Apalagi bahannya seperti beludru karena punya sifat menyerap, jadi makin susah dihilangkan,” kata Indah seperti dilansir auto2000.co.id, Rabu (1/4/2020).

Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Indah menjelaskan, apabila plafon kotor akibat debu, pemilik mobil cukup membersihkannya dengan vacuum cleaner. Lain halnya dengan noda ringan, bisa dengan sikat kering yang memiliki bulu yang halus.

“Jangan lupa, saat menggunakan sikat, sebisa mungkin hanya menggosoknya dalam gerakan satu arah dan tidak terlalu ditekan. Hal ini untuk mencegah agar lapisan plafon tidak rusak,” sarannya.

Indah juga mengingatkan dalam membersihkan plafon dengan sikat, jangan sesekali menggunakan cairan sabun atau lainnya. Sebab, dikhawatirkan saat debu terkena cairan akan membuat kotorannya makin meluas karena melarut, terutama untuk plafon yang bermaterial kain serat atau beludru.

“Memang tidak bisa dilakukan sembarangan, karena takutnya itu justru makin memperparah kondisi plafon. Memang ada cairan pembersih seperti interior cleanser, tapi itu tidak menjadi jaminan juga bila yang mengerjakan belum biasa,” katanya.

[Baca Juga: Tangkal Virus Corona dengan Fogging Interior Mobil, Segini Biayanya]

Nah, mulai sekarang coba lebih perhatikan lagi kebersihan plafon kabin interior mobil. Selain sedap dipandang, kabin yang bersih tentunya membuat Anda bebas dari penyakit dan nyaman saat berkendara.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti