Tips embun kaca.jpg

Tips Mudah Atasi Kaca Berembun Saat Hujan

Kamis, 31 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Salah satu masalah berkendara saat hujan adalah kaca mobil yang berembun. Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya kelembapan dan suhu. Selain itu, AC yang bermasalah juga bisa menjadi penyebabnya. Banyak orang menganggap sepele masalah kaca mobil yang berembun. Padahal, embun pada kaca mobil cukup membahayakan pengemudi saat berkendara. Tidak sedikit kecelakaan fatal yang terjadi akibat hal berikut.

[Baca Juga: 4 Tips Merawat Mobil Matik]

Embun pada kaca mobil yang menempel terlalu lama juga dapat menyebabkan timbulnya jamur di permukaan kaca. Sehingga tampilan kaca pun jadi tidak menarik seperti sebelumnya. Dengan demikian, perlu ada trik dalam mengatasi masalah tersebut agar Anda bisa berkendara saat hujan dengan aman.

Berikut ini beberapa tips mudah dari tim Otopedia.com untuk menghilangkan embun pada kaca mobil:

  1. Oleskan Shampo Pada Kaca Mobil

Tanpa Anda sadari, mengoleskan sedikit shampo di kaca ternyata dapat menghilangkan embun. Sebab dengan shampo kelembapan di sekitar kaca dapat terjaga. Formula pada shampo dapat mencegah terbentuknya embun.

Oleskan Shampo Pada Kaca Mobil.jpg

Cara menggunakannya cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan shampo dan lap kanebo. Kemudian, oleskan sedikit shampo di kaca mobil, lalu lap kaca tersebut dengan lap kanebo. Saat melakukan cara tersebut, jangan mencampur shampo dengan air. Cara mengelapnya sendiri juga harus searah agar kaca tidak buram. Setelahnya, jika hujan sudah reda, segera bersihkan kaca mobil Anda dari sampo dengan menggunakan lap hingga bersih.

2. Gunakan Tembakau

Gunakan Tembakau.jpg

Seperti halnya formula pada shampo, kandungan nikotin yang terdapat pada tembakau ternyata dapat menyerap uap air dan mencegah kaca mobil berembun saat hujan. Cara menggunakannya pun sama, Anda cukup mengoleskan tembakau pada rokok di kaca. Saat mengoleskan pada kaca mobil, Anda perlu berhati-hati agar kaca mobil tidak tergores dari campuran potongan cengkeh yang terdapat di rokok.

3. Aktifkan Deffoger

Aktifkan Deffoger.jpg

Masih banyak orang yang tidak tahu fungsi dari deffoger. Padahal, salah satu komponen yang terdapat pada mobil ini cukup berguna saat hujan. Ternyata, dengan Anda mengaktifkan komponen yang satu ini, embun pada kaca dapat diminimalisir.

Defogger bisa Anda temukan di bagian belakang kaca mobil dengan garis-garis kawat tipis sebagai kondensator panas, baik vertikal maupun horizontal. Untuk mengaktifkannya cukup menekan tombol bergambar tiga panah melengkung. Tombol tersebut umumnya terletak di dekat pusat kontrol AC.