Sliding Door Alphard.jpg

Tips Merawat Pintu Geser Mobil Agar Tetap Awet

Jumat, 21 Februari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Umumnya, mobil yang dilengkapi dengan sliding door atau pintu geser merupakan kategori mobil mewah. Itu sepertinya benar adanya. Tengok saja pada mobil Toyota Alphard, mobil yang kerap digunakan para artis maupun pejabat ini dilengkapi dengan pintu dengan sistem pintu geser.

Selain menghadirkan kesan mewah, pintu geser juga diklaim memiliki banyak keunggulan dibanding pintu mobil bergaya konvensional. Pintu geser lebih mudah ketika parkir mobil di tempat sempit atau lahan yang tidak terlalu lega. Meski parkiran sempit, akses bagi penumpang tetap mudah.

Di balik keunggulan tersebut, pintu mobil model geser ternyata butuh perawatan ekstra. Pemilik mobil harus rajin melakukan pengecekan dan perawatan. Seperti dilansir dari laman resmi mobil88.astra.co.id, Jumat (21/2/2020), berikut cara merawat pintu geser yang bisa Anda lakukan di rumah.

[Baca Juga: Solusi Memperbaiki Pintu Mobil yang Tidak Tertutup Rapat]

Hal pertama yang wajib dilakukan pemilik mobil adalah memastikan kondisi rel dan bearing. Sebab, kedua bagian ini kerap mengalami masalah pada pintu geser karena sering dibuka dan ditutup. Untuk itu, selalu cek dan berikan pelumas atau gemuk tanpa kandungan oli secukupnya.

Kedua, Anda juga harus memastikan area rel pintu geser mobil selalu bersih. Rel yang kotor bisa mengakibatkan bearing kotor sehingga menyebabkan pintu macet saat digeser. Oleh karenanya, upayakan sesering mungkin untuk membersihkannya dengan lap bersih, sapu kecil atau kompresor bertekanan rendah. Lalu, semprotkan cairan khusus untuk membersihkan roller.

Ketiga, jangan terlalu lama membuka pintu karena debu akan mudah menempel sehingga pintu akan sulit digeser. Upayakan membuka pintu hingga penuh dan sesuai dengan kebutuhan pastinya.

Keempat, saat membuka pintu geser, upayakan hindari benturan keras. Hal ini bisa menyebabkan sejumlah komponen pada pintu geser rusak. Mulai dari pengait rel, pengait pintu, dan lainnya.

Terakhir, apabila menggunakan pintu geser elektrik, sebaiknya jangan menghentikan laju pintu ketika sedang beroperasi atau berjalan. Jika dipaksakan untuk berhenti, bisa merusak motor elektrik. Perlu diingat juga, hindari buka tutup pintu elektrik pada saat mesin mati. Ini membuat aki pada mobil tekor.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Aki Mobil Tetap Awet]

Setidaknya itulah lima cara merawat pintu geser agar tetap optimal saat digunakan. Jangan sampai kemewahan sebuah pintu geser bisa merepotkan Anda akibat tak mendapatkan perawatan. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti