Tips Merawat Mobil di Musim Hujan.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

Jumat, 22 November 2019 12:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Tanda-tanda datangnya musim hujan sepertinya sudah terlihat. Sejumlah daerah di Jakarta kini mulai diguyur hujan. Masalah klasik pun muncul, banyak jalanan tergenang dan kemacetan pun akan menjadi pemandangan rutin. Bagi para pengendara motor ataupun mobil, tentu kondisi ini sangat melelahkan.

Tak hanya lelah fisik, kondisi kendaraan pun diyakini akan mendapatkan dampaknya karena harus melewati medan yang cukup berat seperti genangan dan lumpur. Untuk menjaga performa mobil, perawatan mobil di musim hujan sangat diperlukan. Memang tak mudah, tapi ada sejumlah tips merawat mobil di musim hujan yang dilansir dari Auto2000, Jumat (22/11/2019).

1. Jangan Biarkan Air Hujan Mengering di Bodi Mobil

Perlu diketahui, air hujan yang mengering pada bodi mobil berisiko merusak cat dan lapisan mobil, bahkan bisa menimbulkan jamur pada kaca mobil. Untuk itu, pemilik mobil jangan malas untuk segera mencuci mobil. Saat mencuci, gunakan sampo khusus dan bilas bodi mobil dengan bersih.

[Baca Juga: Habis Diguyur Hujan, Mobil Sebaiknya Segera Dicuci]

2. Periksa Komponen dalam Mesin

Air hujan berpotensi besar masuk ke celah-celah mobil yang sempet. Terutama di bagian mesin, air hujan bisa masuk ke dalam area mesin yang berisiko menggangu sistem kelistrikan mesin. Untuk itu, ada baiknya periksa komponen mesin setelah melibas guyuran hujan agar terhindar dari mogok.

3. Semprotkan Silicon Spray

Ternyata, air hujan juga bisa mempengaruhi bagian interior mobil. Karet dan kaca yang sering terkena hujan dan panas lebih cepat rusak. Pemilik mobil disarankan untuk semprotkan cairan silicon agar bagian tersebut bisa awet dan lentur.

4. Cegah Jamur pada Karpet

Ketika masuk ke dalam mobil pada saat hujan turun berisiko membuat lantai mobil basah, kotor dan munculnya jamur. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan karpet tambahan untuk melapisi lantai mobil agar tidak menimbulkan jamur.

[Baca Juga: Bahan Rumahan Ini Bisa Atasi Jamur di Kaca Mobil]

5. Parkir Mobil di Tempat Tertutup

Setelah mobil selesai dicuci, segeralah parkirkan mobil di tempat tertutup. Apabila terpaksa diparkir di ruang terbuka, bisa menggunakan cover mobil yang mampu melindungi dari air hujan.

Itulah 5 tips merawat mobil di musim hujan. Jangan malas untuk segera membersihkan bodi mobil ataupun lainnya setelah diguyur hujan.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil

/media/images/Mesin-Renault-4.original.jpg

Tips Menjaga Performa Mesin Mobil Klasik