Ilustrasi menyetir.jpg

Tips Menjaga Emosi Ketika Berkendara Saat Berpuasa

Senin, 6 Mei 2019 16:00 | Galih Pratama

Bulan Ramadan telah tiba. Seluruh umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Ibadah tersebut tentu bukan hambatan untuk melakukan aktivitas seperti bekerja, dan lainnya. Tak terkecuali berkendara sendiri meski sedang berpuasa.

Sayangnya, situasi lalu lintas yang macet, terkadang membuat seseorang kerap kali terbawa emosi. Selain bisa membatalkan puasa, emosi yang timbul saat berkendara tentunya akan membahayakan bagi si pengemudi maupun pengendara lain. Lalu, bagaimana cara menjaga atau mengontrol emosi saat berkendara?

Cek Kondisi Mesin

Seperti dilansir dari toyota.astra.co, Senin (6/5/2019), banyak faktor yang membuat pengendara emosi ketika sedang berpuasa. Salah satunya adalah kondisi spare part yang kerap mengalami masalah saat perjalanan. Jika tak terkontrol, bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat emosi pengendara naik.

[Baca Juga: 4 Tips Merawat Mobil Matik]

Untuk itu, ada baiknya selalu mengecek kondisi mesin mulai dari spare part, bensin, hingga oli, sebelum melakukan perjalanan. Tak lupa, siapkan tool kit jika Anda benar-benar menemui kendala saat mesin bermasalah.

Manajemen Waktu

Selain mengecek kondisi mesin, hal lain yang bisa dilakukan adalah mengatur jadwal dan rute perjalanan. Ini sangat penting untuk menghemat jarak, waktu, tenaga, serta menghindari kemacetan terutama di sore hari.

"Saran saya atur jadwal, pakai kendaraan umum atau hindari berkendara, karena kemampuan mengendalikan emosi adalah hasil belajar bertahun- tahun," ujar Psikolog Kasandra Putranto seperti dilansir dari gridoto.com.

Mengutamakan Keselamatan

Ingat, dalam berkendara hal yang perlu diutamakan adalah keselamatan. Tak hanya pengendara, tapi juga keselamatan bagi pengendara lain. Jadi, tetap tenang dan selalu bersikap bersabar untuk keselamatan.

[Baca Juga: Agar Tak Celaka, Pengendara Wajib Pahami Arti Marka Jalan]

Taati Peraturan Lalu Lintas

Peraturan lalu lintas dibuat untuk meminimalisir ternjadinya kecelakaan di jalan. Oleh karenanya, menaati peraturan lalu lintas merupakan langkah awal keselamatan saat berkendara.

Demikian tips menjaga emosi ketika Anda berkendara saat di bulan Ramadan. Jaga emosi dan tetap utamakan keselamatan berkendara Anda.