Tips Hilangkan Kantuk Saat Menyetirjpg

Tips Hilangkan Kantuk Saat Menyetir

Jumat, 8 Februari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakaan ialah mengantuk. Rasa kantuk saat berkendara memang kerap terjadi saat menempuh perjalanan jauh, terlebih jika kondisi badan lelah. Banyak orang seringkali menahan rasa kantuk saat berkendara, dengan alasan ingin cepat sampai atau urusan mendadak. Padahal, rasa kantuk tersebut dapat membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

[#R]

Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk saat menyetir? Berikut tipsnya:

  1. Jangan Konsumsi Obat dan Alkohol
Tips Hilangkan Kantuk Saat Menyetir.jpg

Ketika Anda ingin berkendara jarak jauh ada baiknya untuk tidak minum obat terlebih dahulu. Sebab, banyak obat yang mempunyai kandungan membuat kantuk. Sama halnya dengan alkohol. Mengonsumsi alkohol saat sedang menyetir dapat berbahaya, selain dapat menghilangkan kesadaran Anda juga dapat merasa lelah dan ingin memejamkan mata.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Tips Hilangkan Kantuk Saat Menyetir.jpg

Meskipun berada di dalam mobil bukan berarti Anda tidak bisa melakukan olahraga. Melakukan gerakan olahraga secara ringan, dapat membuat tubuh terus bekerja dan berkeringat dengan begitu kantuk pun akan hilang. Olahraga ringan ini seperti melakukan gerakan kepala ke kiri dan kanan, gerakan bahu ke arah telinga, putar bahu ke depan dan ke belakang. Kemudian angkat pinggul dan tahan delapan hitungan.

3. Minum Kopi

Tips Hilangkan Kantuk Saat Menyetir.jpg

Sudah merupakan hal umum jika mata dan tubuh terasa lelah, maka kafein lah yang dapat membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar ialah kopi. Dengan begitu selalu sedia kopi saat Anda melakukan perjalanan jauh agar menghilangkan rasa kantuk.

4. Cuci Muka

Tips Hilangkan Kantuk Saat Menyetir.jpg

Membasuh muka dapat membuat mata terasa segar kembali. Pasalnya, ketika dibasuh dengan air maka saraf otak akan merangsang tubuh untuk kembali segar. Ada baiknya jika Anda membasuh muka dengan air yang dingin agar tubuh kembali segar dengan cepat.

5. Teman Bicara

Tips Hilangkan Kantuk Saat Menyetir.jpg

Salah satu mengajak teman ketika berkendara jarak jauh adalah adanya teman ngobrol. Ketika Anda berkendara dengan suasana ramai, maka tubuh pun tidak akan terasa lelah. Berbeda saat suasana dalam mobil sepi dan tidak ada teman ngobrol. Terlebih teman Anda juga bisa membantu dalam membacakan peta, menyediakan minuman, sekaligus sebagai pengganti ketika Anda lelah menyetir.