Tips Hemat Bensin.jpg

Tips Hemat Bensin

Senin, 28 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Naik turunya harga bensin di Indonesia membuat para pengguna mobil ingin berhemat agar tidak menguras banyak uang. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menghemat bensin. Jika Anda adalah salah satunya, maka artikel ini patut dibaca.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

Simak artikel otopedia.com yang akan memberi beberapa tips agar Anda dapat menghemat bensin:

  1. Cek Tekanan Ban
Tips Hemat Bensinjpg

Tips yang pertama ini kerap disepelekan. Padahal jika Anda memompa tekanan ban dengan benar, maka akan mengurangi pemakaian bensin hingga 3 persen. Pada dasarnya, ban mobil tiap bulannya kehilangan tekanan 1 PSI. Selain itu, tekanan ban juga berubah karena faktor cuaca. Ketika musim dingin tekanan ban akan lebih cepat berkurang dibandingkan ketika cuaca cerah. Dengan begitu, dianjurkan untuk memeriksa tekanan ban seminggu sekali. Tidak hanya menghemat bensin mobil, ban yang dipompa dengan benar juga akan mengurangi risiko ausnya ban.

2. Atur Jarak Ketika Berkendara

Tips Hemat Bensinjpg

Saat sedang mengemudi di jalanan, alangkah lebih baiknya untuk mengatur jarak dengan kendaraan di depan Anda. Terlalu banyak menekan gas, kopling, dan rem berkali-kali pada waktu yang cepat, dapat membuat bensin semakin terkuras. Dengan demikian aturlah jarak dengan kendaraan di depan Anda, lebih baik juga apabila dapat menghindari daerah yang macet.

3. Jangan Terlalu Bawa Banyak Barang

Tips Hemat Bensin.jpg

Jika Anda tidak berpegian jauh atau sekedar ingin pergi jalan-jalan di dalam kota, Anda tidak perlu membawa banyak barang yang berlebihan. Perlu Anda ketahui membawa tambahan beban 100 pon dapat meningkatkan pemakaian bahan bakar sebesar 1 hingga 2 persen sekali jalan. Hal tersebuti dikarenakan beban yang berat dapat menghilangkan energi kinetik pada mobil konvensional. Jika Anda mempunyai mobil hanya untuk satu penumpang saja yaitu Anda sendiri, ada baiknya untuk melepas jok mobil yang tidak digunakan atau meminimalkan bawaan dalam mobil Anda dan hindari membawa barang-barang berat di bagasi.

4. Bersihkan Filter Udara

Tips Hemat Bensin.jpg

Filter udara berfungsi untuk mengalirkan sirkulasi udara agar debu dan kotoran tidak tersumbat. Membersihkan filter udara yang kotor ternyata dapaat menghemat pengeluaran bensin 1 hingga 3%. Dikarenakan semakin lancanya sirkulasi yang ada, maka mesin akan semakin enteng dalam berkendara, lain halnya ketika filter udara kotor, maka mesin akan semakin berat dalam bekerja.

5. Jangan Bawa Mobil Jika Jarak Dekat

Tips Hemat Bensin.jpg

Untuk masalah yang satu ini banyak dilakukan oleh banyak orang. Tanpa disadari seberapa dekat jarak yang kita tempuh dalam berkendara, tetap akan mengurangi kadar bensin dalam tangki mobil. Jika ingin bepergian pada jarak kurang dari lima kilometer alangkah lebih baiknya untuk berjalan kaki saja. Selain menghemat bensin, Anda juga dapat hidup sehat dan mengurangi kemacetan di jalan raya.