Tips Mudik Lebaran.jpg

Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar Saat Mudik Lebaran

Kamis, 16 Mei 2019 16:00 | Galih Pratama

Menjelang Lebaran, mudik ke kampung halaman menjadi tradisi sebagian masyarakat Indonesia yang tak bisa ditinggalkan. Banyak pilihan transportasi yang bisa dipilih, misalnya kendaraan pribadi. Khusus pengguna kendaraan pribadi, tentunya banyak hal yang dipersiapkan. Selain mempersiapkan kondisi mobil, Anda juga harus mempersiapkan anggaran yang cukup besar.

Untuk itu, pemudik harus pintar-pintar memutar otak untuk menghemat keuangan. Salah satunya memangkas biaya perjalanan. Pemudik yang mengendarai mobil pribadi bisa mengurangi biaya bahan bakar atau bensin dengan menerapkan gaya eco driving. Selain itu, ada sejumlah tips lain agar konsumsi bahan bakar lebih ekonomis. Simak tipsnya di bawah ini:

1 Servis Mobil Sebelum Mudik

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan mudik Lebaran adalah usahakan melakukan servis rutin atau besar pada mobil yang akan digunakan mudik. Dilansir dari carmudi.id, Kamis (16/5/2019), melakukan servis mobil merupakan upaya untuk menjaga performa mobil agar lebih optimal.

[Baca Juga: Sebelum Berangkat Mudik, Perlukah Ganti Oli Mesin Mobil?]

Pemudik bisa mengganti filter oli, filter bahan bakar, udara, dan mengganti oli mesin sebelum mudik. Pembakaran yang bersih diyakini mampu memberikan efek pada efisiensi bahan bakar.

2 Perhatikan Tekanan Ban

Agar aman dan nyaman saat dikendarai, pemudik harus memperhatikan tekanan udara pada ban mobil. Dilansir dari tempo.co, ban yang kempis menyebabkan gesekan dan membuat energi kinetik hilang. Untuk itu, sesuaikan tekanan angin dengan rekomendasi pabrikan.

Trik lain adalah meningkatkan tekanan udara di ban beberapa psi. Ini dilakukan agar dinding samping ban lebih kencang dan mengurangi kontak dengan aspal. Namun perlu diketahui, menambah angin tidak sesuai memiliki sisi negatif yang berpotensi menyebabkan ledakan.

3 Menjaga Putaran Mesin

Lakukan pemindahan gigi atau perseneling (untuk mobil manual) yang tepat dengan putaran mesin akan memberikan efek penghematan bahan bakar. Untuk itu, berjalanlah dengan kecepatan konstan dan stabil. Usahakan gunakan kecepatan konstan di angka 80-90 km/jam selama perjalanan di jalan kosong.

[Baca Juga: Ingin Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran? Simak Dulu Tips Ini]

4 Kurangi Beban Berat

Pemudik terkadang khilaf dengan barang yang akan dibawa saat mudik. Padahal, membawa barang yang sangat banyak dan berat sangat memengaruhi konsumsi bahan bakar mobil Anda. Untuk itu, usahakan Anda hanya membawa barang yang dirasa penting dan sesuai kebutuhan.

Pemudik bisa lakukan tips tersebut untuk menghemat bahan bakar kendaraan selama perjalanan mudik Lebaran. Di sisi lain, terpenting utamakan keselamatan berkendara dengan menaati rambu-rambu lalu lintas dan kesehatan agar selamat sampai tujuan.

Artikel Lainnya

/media/images/ilustrasi_bahan_bakar_mobil.original.jpg

Suka Gonta-Ganti BBM? Begini Efeknya

/media/images/Ilustrasi_ganti_rem_mobil.original.jpg

Catat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Minyak Rem Mobil

/media/images/AC_Mobil_yRfHTsm.original.jpg

4 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Cepat Rusak