Pengemudi Wanita.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

Selasa, 19 November 2019 17:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Kemampuan kaum wanita dalam mengendarai mobil kini tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, skill mengendarai mobil sebagian wanita sudah bisa disejajarkan dengan kaum pria. Tapi, bagi kalian yang masuk dalam golongan wanita yang belum mahir nyetir mobil, jangan dulu berkecil hati.

Ada sejumlah tips dan trik yang bisa diaplikasikan kaum hawa agar aman, nyaman, dan tentunya membuat makin piawai saat berkendara. Berikut Otopedia bagikan tips bagi bagi wanita agar ‘jago nyetir’.

Mengenal Mobil Sendiri

Melansir cintamobil.com, Selasa (19/11/2019), sebelum berkendara, Anda wajib mengenal mobil yang akan dikendarai atau kemudikan. Oleh karenanya, sebelum berangkat, sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Mulai dari mengecek kondisi lampu-lampu, jendela, spion, sampai posisi tangki bahan bakar. Lalu, masuk ke dalam kabin dan cek semua tuas di kokpit, seperti tuas lampu, wiper, klakson dan lainnya. Pastikan semua bekerja saat perjalanan.

[Baca Juga: Trik Mengendarai Mobil Matik Agar Irit Bensin]

Perhatikan Posisi Duduk

Setelah mengenal dan mengecek kondisi kendaraan, pastikan posisi duduk Anda sudah terasa nyaman agar bisa mengemudi dengan mudah. Melansir nissan.co.id, posisi pengemudi saat di kursi yang ideal adalah kaki jangan terlalu jauh dengan pedal gas, kopling, ataupun rem. Karena dikhawatirkan bisa menyulitkan untuk menginjak tiga pedal tersebut.

Begitu pun sebaliknya, kaki pengendara juga sebaiknya tak terlalu dekat dengan pedal gas, kopling, ataupun rem. Tujuannya agar kaki Anda bisa bergerak leluasa. Sehingga kaki pun merasa nyaman dan tak menimbulkan efek pegal ataupun lainnya.

Jangan Takut Mencoba

Jangan pernah takut untuk terus mencoba. Bangun tekad dalam diri untuk berani mengendarai mobil sendiri. Dengan memberanikan diri maka akan hilang rasa takut, serta hal negatif saat menghadapi kendaraan lain.

Terus Berlatih

Tentu Anda sering mendengar ungkapan bisa karena terbiasa. Ungkapan ini juga berlaku saat Anda ingin ‘jago nyetir’. Untuk itu, jangan pernah bosan untuk berlatih. Karena sering berlatik, maka lama kelamaan akan piawai mengendarai mobil. Selain itu, jangan sungkan untuk mencoba nyetir berbagai model mobil agar Anda mengetahui karakter tiap mobil yang berbeda-beda.

[Baca Juga: Tips Hilangkan Kantuk Saat Menyetir]

Fokus dan Relax

Setelah itu, mulai berkendara dengan konsentrasi pada kondisi jalan. Cobalah untuk relax atau santai saat berkendara. Manfaatkan sistem hiburan yang ada seperti lagu untuk membuat suasana terasa nyaman.

Demikian tips berkendara aman dan nyaman bagi kaum hawa. Sebelum berkendara, pastikan juga kondisi tubuh Anda sehat. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Tips-Merawat-Mobil-di-Musim-Hujan.original.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil

/media/images/Mesin-Renault-4.original.jpg

Tips Menjaga Performa Mesin Mobil Klasik