BincangShoppee di IIMS 2019.jpg

Tips Agar Mobil Selalu Mengilap ala Shopee

Senin, 29 April 2019 15:00 | Galih Pratama

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 tak sekadar menghadirkan dan mentransfer inovasi di bidang otomotif saja, tapi juga memiliki misi untuk mengedukasi para pengunjungnya.

Salah satunya yang dilakukan Shopee platform e-commerce ternama di Asia Tenggara. Bekerja sama dengan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2019, mereka menggelar BincangShopee bertajuk ‘Bikin Mengkilap Dalam Sekejap’ yang menghadirkan artis Ariel Tatum dan Ridwan Hanif, penggiat otomotif nasional, Sabtu (27/4/2019).

Dalam BincangShopee ‘Bikin Mengkilap Dalam Sekejap’ tersebut, diberikan sejumlah tips dan trik dalam melakukan perawatan eksterior mobil agar selalu terlihat baru serta mengilap. Simak ulasannya di bawah ini.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Mobil Putih Agar Tak Menguning]

1 Cuci Mobil

Meskipun kotoran yang menempel sedikit, tak ada salahnya jika Anda langsung mencuci mobil kesayangan. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama karena akan merusak lapisan cat pada bodi mobil.

Cara pertama yang perlu dilakukan, yaitu mencuci mobil dengan kit sampo. Seperti diketahui, butiran busa yang ada di dalam sampo jauh lebih lembut dibandingkan deterjen. Maka gunakanlah sampo untuk menjaga bodi mobil agar tetap mengilap.

2 Teknik Lap dan Poles Bodi

Mengelap mobil tak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, mobil dalam kondisi kotor ketika dilap justru akan menimbulkan goreng yang merusak cat. Saat mengelap jangan menggunakan lap kering, sebaiknya dengan lap atau kain basah agar partikel yang menempel tidak menggores.

Langkah selanjutnya, ambil spon bersih dan oleskan cairan poles pada spon. Kemudian gosok bodi mobil menggunakan spon dengan gerakan memutar atau naik turun. Setelah proses selesai, tunggu kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Bila mobil telah benar-benar kering, bersihkan sisa dari cairan poles menggunakan microfiber. Proses pemolesan ini dapat dilakukan dengan beberapa tahap bila merasa mobil benar-benar kusam.

3 Memakai Wax Pelindung Cat

Setelah menggunakan cairan poles, proses selanjutnya adalah waxing. Tekniknya sama seperti cairan poles, hanya saja waxing lebih ringan. Poles wax ke seluruh bagian mobil secara merata.

Setelah itu, tunggu beberapa menit kemudian bersihkan menggunakan lap kering dan bersih. Agar bodi mobil selalu mengilap dan bebas jamur, proses waxing dapat dilakukan minimal 1 bulan sekali.

[Baca Juga: Bahan Rumahan Ini Bisa Atasi Jamur di Kaca Mobil]

4 Jangan Parkir Sembarangan

Terakhir, agar cat mobil selalu mengkilap, pastikan tidak memarkirkan mobil di bawah sinar matahari. Karena panas dari sinar matahari bisa membuat cat terlihat kusam. Ini akibat dari dinding bagian luar mobil terbuat dari besi, yang tidak bisa menyerap suhu panas yang dihasilkan oleh cahaya matahari. Maka dari itu, sebisa mungkin letakkan mobil Anda di tempat yang sejuk.