Ilustrasi Parkir Paralel.jpg

Tiga Teknik Parkir Paralel yang Benar dan Mudah

Selasa, 2 April 2019 11:00 | Galih Pratama

Ketika berkunjung ke pusat perbelanjaan atau restoran, hal pertama yang kerap ditemui adalah keterbatasan lahan parkir. Terutama saat akhir pekan, hampir dipastikan lahan parkir penuh. Jika sudah begitu, mau tak mau kita harus mencari lahan semaksimal mungkin dengan cara memarkirkan mobil secara paralel.

Ketika hendak melakukan parkir paralel, kita biasanya selalu merasa dikejar waktu. Mengingat banyak pengendara di belakang sudah mengantre untuk parkir. Kemacetan di lahan parkir pun tak terhindarkan.

Agar terhindar dari masalah tersebut, sebenarnya ada beberapa tips atau teknik memarkirkan mobil secara paralel yang bisa Anda praktikkan. Simak ulasannya di bawah ini.

[Baca Juga: Tidak Punya Garasi untuk Parkir Mobil? Berikut Tipsnya!]

1 Perhatikan Area Parkir

Dilansir dari detik.com pada Selasa (2/4/2019), hal pertama yang harus perhatikan ketika ingin parkir paralel adalah pastikan area parkir atau ruang kosong muat untuk mobil Anda. Selanjutnya, posisikan mobil Anda berhenti dengan posisi pilar B berada sejajar dengan bumper belakang mobil depan.

Pilar B sendiri adalah satu titik yang posisinya berada di belakang pintu atau sejajar dengan penyangga safety belt bagian depan dari suatu mobil. Ini diperlukan karena pilar B itu biasanya adalah titik tengah rata-rata dari sebuah kendaraan.

2 Pahami Arah Belok

Setelah mobil Anda berada sejajar dengan bumper belakang mobil depan, langkah selanjutnya adalah membelokkan stir terlebih dahulu. Teknik membelokkan stir sebelum menjalankan mobil sangat penting dalam parkir paralel.

Hal ini mengingat mobil memiliki radius putar. Dengan Anda membelokkan stir terlebih dahulu, itu akan mempersingkat radius putar mobil. Kalau hal ini tak dilakukan, diyakini akan menyulitkan ketika parkir paralel.

Ketika sudah membelokkan stir ke kanan (misalnya posisi parkir paralel berada di sebelah kanan jalan), geser tuas perseneling ke R. Jalankan mobil untuk mundur perlahan-lahan, kemudian ketika ban depan mobil sudah berada sejajar dengan bumper belakang mobil di depan, mulailah olah stir ke arah yang berlawanan dan sesuaikan dengan ruang pakir yang ada.

[Baca Juga: Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet]

3 Mengusai Rem saat Parkir

Dilansir dari daihatsu.co.id, menguasai rem ketika melakukan parkir paralel sangat membantu. Misalnya ketika Anda menginjak pedal gas terlalu keras, pastikan rem diinjak secara teratur.

Hal ini sangat penting agar tidak terjadi mobil mundur dan menabrak mobil di belakang. Untuk itu, biasakan kaki untuk selalu aktif dalam setiap pedal yang ada.

Jika Anda melakukan teknik parkir mobil paralel di atas dengan tepat, diyakini akan terhindar dari kesulitan dan menghemat waktu. Lakukan berulang kali agar terbiasa. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Tips-Merawat-Mobil-di-Musim-Hujan.original.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil