Shockbreaker Mobil.jpg

Tiga Cara Mudah Merawat Shockbreaker Mobil Agar Tetap Awet

Rabu, 13 Februari 2019 10:00 | Galih Pratama

Salah satu komponen penting pada kendaraan mobil adalah shockbreaker. Komponen ini berfungsi menunjang kaki-kaki dan menjaga kestabilan, serta meredam mobil dari guncangan saat melintas di jalan bergelombang ataupun rusak.

Dilihat dari fungsinya tersebut, bisa dibilang shockbreaker memiliki peranan vital menunjang mobilitas kendaraan. Oleh karena itu, kinerja dari komponen ini harus mendapatkan perhatian dan perawatan ekstra dari sang pemilik mobil. Tujuannya agar pengendara dan penumpang selalu merasa nyaman saat berkendara.

Perawatan shockbreaker mobil memang mencakup banyak hal. Namun, ada tiga cara mudah yang Anda bisa lakukan untuk menjaga kinerja shockbreaker mobil agar tetap optimal dan awet. Seperti apa perawatannya? Simak ulasannya di bawah ini.

[Baca Juga: Shock Absorber]

1 Hilangkan Kotoran Menempel

Lokasinya yang berada di kolong mobil membuat shockbreaker mudah sekali dihinggapi kotoran. Terutama di musin penghujan, diyakini banyak kotoran yang menempel di shockbreaker. Pasir halus misalnya.

Seperti dilansir dari gridoto.com pada Kamis (7/2/2019), pasir halus yang menempel pada shockbreaker dikhawatirkan bisa menggores bagian as shocbreaker mobil kesayangan Anda. Jika kondisi tersebut didiamkan, dipastikan lama kelamaan dinding shockbreaker juga akan menjadi aus dan terkikis. Inilah yang menyebabkan kebocoran pada shockbreaker.

Selain itu, air hujan yang menempel juga bisa membuat karat di sejumlah bagian shockbreaker. Bahkan, karat tersebut bisa menyerang bagian bushing dan baut dudukan shockbreaker.

Agar terhindar dari masalah tersebut, ada baiknya Anda segera membersihkan bagian kaki-kaki mobil, khususnya setelah melintas di jalan dalam kondisi hujan. Bersihkan dengan air bersih dan sabun agar hasilnya lebih maksimal.

2 Rutin Cek Karet Pelindung Shockbreaker

Masuknya kotoran ke dalam atau bagian shockbreaker berhubungan juga dengan kondisi karet pelindung shockbraeker. Pastikan Anda selalu mengecek kondisi karet pelindung shockbreaker agar tetap bersih dari kotoran. Jika karet pelindung rusak, otomatis kotoran akan mudah masuk ke dalam dinding shockbreaker. Akibatnya bisa mengganggu kinerja dari shockbreaker mobil Anda.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Velg Mobil Tetap ‘Kinclong’]

3 Batasi Muatan Mobil

Dilansir dari toyota.astra.co.id, hal lain yang harus diperhatikan untuk menjaga shockbreaker awet adalah dengan membatasi muatan mobil. Jangan sampai, muatan mobil melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

Pasalnya, shockbreaker memiliki kekuatan berat beban maksimal yang harus ditahannya. Jika dipaksakan, bukan tak mungkin shockbreaker mobil Anda akan mengalami kebocoran, bahkan ‘mati’.

Tiga cara tersebut sepertinya cukup mudah dilakukan. Lalukan tips tersebut secara rutin agar kondisi shockbreaker mobil terawat dan kinerjanya tetap optimal.

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik