Mobil Pejabat.jpg

Ternyata Ini Alasan Kenapa Mobil Pejabat Mayoritas Berwarna Hitam

Selasa, 14 Mei 2019 15:00 | Galih Pratama

Tak hanya model yang beragam, kini produsen mobil juga memberikan sejumlah pilihan warna yang bisa dipilih sesuai selera. Salah satu warna favorit adalah hitam. Selain diminati masyarakat umum, mobil warna hitam juga kerap kali jadi pilihan para pejabat di Tanah Air untuk keperluan dinas mereka.

Tengok saja, mulai dari presiden, pemimpin daerah, pejabat, hingga pemimpin perusahaan, yang memilih menggunakan mobil dinas berwarna hitam. Lalu, kenapa mobil berwarna hitam lebih dipilih, khususnya oleh para pejabat?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, Otopedia coba mengajak Anda napak tilas kembali ke abad 19. Melansir dari Top Gear, pada saat itu industri otomotif begitu masif memproduksi mobil berwarna hitam jenis enamel. Cat ini dianggap lebih cepat kering dibanding dengan jenis cat lainnya.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Mobil Putih Agar Tak Menguning]

Seiring berjalannya waktu, inovasi dalam pembuatan cat pun terjadi pada tahun 1924. Saat itu, DuPont Chemical Company menghadirkan pilihan warna (selain hitam) cat pertama yang cocok untuk industri otomotif. Mereka memperkenalkan cat Duco Santin Finish Lacquer yang lebih cepat kering. Cat baru ini diklaim mampu mengurangi waktu pengecatan dari total 300 jam, hanya menjadi 14 jam saja.

Jenis cat ini mulai dipakai General Motors pada sedan Oakland yang mulai memberikan pilihan warna biru. Tak hanya Oakland, Ford juga yang awalnya hanya menyediakan pilihan mobil dengan warna hitam, mulai memberikan pilihan warna baru, seperti merah marun dan hijau tua.

Dari situ, pilihan warna mobil semakin beragam sesuai dengan tren. Meski begitu, warna hitam seolah tetap abadi. Hingga saat ini, warna hitam masih banyak dipilih oleh banyak pembeli.

Sisi Psikologi

Jika dilihat dari sisi psikologi warna, hitam berkaitan dengan kekuatan, kemewahan, dan formalitas, dan kualitas. Warna ini juga dianggap menunjukkan kekuatan dan otoritas. Hal inilah mengapa warna hitam kerap digunakan para pemegang kekuasaan dalam memilih warna mobil.

Di Tanah Air, kerap kali kita jumpai mobil Presiden Joko Widodo berkelir warna hitam. Selain presiden, para menteri kabinet kerja dan pejabat tinggi lainnya juga ‘dipersenjatai’ mobil dinas warna hitam.

Warna hitam juga telah diaplikasikan oleh para penguasa negeri lainnya. Amerika Serikat, misalnya. Warna mobil presiden Amerika Serikat, khususnya untuk mobil staf kepresidenan menggunakan warna hitam.

[Baca Juga: Mengulik Mobil Listrik Pangeran Charles Seharga Rp1,1 Miliar]

Pilihan warna hitam bukan tanpa alasan. Ini bermaksud untuk membedakan dari mbil milik pemerintah yang lain, seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, hingga kendaraan militer.

Dengan latar belakang sejarah dan sisi psikologi warna itulah, yang membuat mengapa banyak pejabat di dalam negeri maupun luar negeri yang memilih mobil berwarna warna hitam.