Termostat

Termostat

Minggu, 27 Januari 2019 17:00 | Galih Pratama

Termostat adalah komponen yang digunakan sebagai pemutus dan menyambung arus listrik saat mendeteksi perubahan suhu. Dalam mesin mobil, komponen ini adalah katup otomatis di dalam mesin yang berfungsi menjaga air radiator untuk bersikulasi pada temperatur tertentu.

Jika temperatur air radiator sudah meningkat dan mencapai pada suhu tertentu. Termostat akan terbuka dan air radiator akan mengalir dari mesin ke radiator untuk didinginkan. Sirkulasi air inilah yang mencegah mesin mobil overheat.

[Baca Juga: Mesin Rotary]

Jenis Termostat

1 Termostat By Pass.

Ketika mesin dalam kondisi dingin, maka saluran termostat by pass akan terbuka sehingga air pendingin akan mengalir dari blok mesin ke saluran by pass. Kemudian, air akan dialirkan kembali ke water pump yang dilanjutkan ke blok mesin.

Sedangkan pada saat mesin panas, saluran by pass akan tertutup sehingga air pendingin akan mengalir dari blok mesin ke radiator. Air tersebut akan dialirkan kembali ke water pump dan blok mesin, sehingga pendinginan pada mesin lebih efektif.

2 Termostat Tanpa By Pass.

Pada saat temperatur pada mesin dingin, maka saluran air menuju radiator akan ditutup oleh termostat. Dengan demikian, air tak bisa mengalir ke radiator dan hanya mengalir di daerah mesin saja. Sementara pada saat temperatur mesin panas, maka saluran air yang menuju radiator akan membuka, sehingga air yang panas akan dialirkan ke radiator untuk didinginkan.

[Baca Juga: Kondensor]

Sejarah

Pertama kali termostat ditemukan oleh Conelis Drebbel di Inggris pada abad ke-17 adalah Termostat Merkuri. Termostat tersebut digunakan untuk mengatur suhu inkubator ayam. Termostat terus bertransformasi dengan banyak perubahan. Akhirnya, termostat modern ditemukan oleh ahli kimia asal Skotlandia, Andrew Ure. Termostat penemuannya digunakan untuk mengendalikan suhu di mesin produksi pabrik tekstil.

Referensi: teknik-otomotif.com, teknikelektronika.com