Bugatti Type 35.jpg

Terkuak, Ini Mobil Nenek Moyang Hypercar Bugatti

Rabu, 8 Mei 2019 10:00 | Galih Pratama

Kalangan kolektor mobil balap klasik tentu sudah mengenal Bugatti Type 35. Pada masanya, mobil Type 35 ini terkenal dengan kecepatannya di ajang balap mobil. Antara tahun 1924 hingga 1930, mobil racikan asal Kota Molsheim, Perancis ini mencatat rekor dengan 2.000 kali kemenangan.

Melansir otoblitz.net, Selasa (8/5/2019), Bugatti Type 35 bukan sekadar mobil balap biasa. Mobil ini menjadi salah satu ikon dari warisan budaya Bugatti. Bahkan, kehebatannya Type 35 menjadikan mobil ini sebagai nenek moyang hypercar lansiran Bugatti saat ini, seperti Chiron, Chiron Sport, dan Divo.

Bugatti.jpg

[Baca Juga: Hanya Diproduksi 20 Unit, Ini Keistimewaan Bugatti Chiron Edisi New Special]

Mobil maha karya perusahaan yang didirikan oleh Ettore Bugatti ini secara teknis menggunakan crankshaft dengan dua roller bearing dan tiga bola bearing. Penggunaan roller dan bearing tersebut memungkinkan putaran mesin tetap konstan pada 6.000 rpm meladeni 8 piston di mesin.

Bugatti Type 35 memiliki dua pilihan mesin. Pertama, ada Type 35A dengan mesin 2.0L dengan 8 silinder dengan tenaga 75 tenaga kuda (tk). Sedangkan yang kedua adalah Type 35B. Tipe ini memiliki tenaga yang lebih besar. Dibekali mesin 2.3L dengan 8 silinder, mobil ini mampu menyemburkan tenaga mencapai 138 tk dengan kecepatan tertinggi 215 km/jam.

Bugatti Type 35.jpg

Kala itu, Bugatti hanya memproduksi sebanyak 340 unit Type 35. Sayangnya, wujudnya yang masih utuh saat ini masih belum jelas keberadaannya. Namun, bagi penggemar Bugatti yang ingin mendapatkan mobil ini, ada sebuah perusahaan bernama Pur Sang asal Argentina melayani pembuatan replika Bugatti Type 35.

Melansir okezone.com, perusahaan tersebut memang dikenal sejak lama membuat replika mobil-mobil klasik. Dikabarkan, Pur Sang bisa membuat lebih dari 20 Bugatti Type 35 setiap tahunnya. Meski replika, pelanggan tak perlu khawatir. Pasalnya, Pur Sang membuat Bugatti Type 35 sesuai dengan aslinya.

[Baca Juga: 5 Fakta Menarik Lamborghini]

Bahkan, bagian mesin dan sistem transmisi manual empat percepatan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Hanya saja, ada tambahan kipas untuk menghindari overheat mesin. Sedangkan bagian interior dan eksterior mobil juga dibuat semirip mungkin.

Untuk menebus replika Bugatti Type 35, Anda harus merogoh kocek cukup dalam. Pur Sang membanderol satu unit replika Bugatti Type 35 sekira Rp3,3 miliar. Berminat?