Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet.jpg

Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet

Senin, 28 Januari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Sebagai salah satu komponen vital pada mobil, rem berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan. Namun, tetap saja banyak kecelakaan terjadi akibat rem yang tidak berfungsi dengan baik atau blong. Salah satu penyebab komponen tersebut tidak berfungsi, adalah habisnya kampas rem.

Pada umumnya sendiri rem terbagi menjadi dua, yaitu rem yang telah menggunakan fitur ABS (Anti-lock Brake System) dan non-ABS. Dengan demikian, para pengemudi wajib memahami fitur keamanan yang disematkan pada mobilnya. Salah satunya adalah teknik mengerem yang benar, sehingga kampas rem semakin awet dan juga tidak menimbulkan kecelakaan yang fatal.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

Terkait hal di atas, berikut ada beberapa tips mengerem yang bisa coba Anda terapkan:

  1. Teknik Stab
Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet.jpg

Teknik yang bisa Anda lakukan adalah teknik stab. Pada teknik pengereman ini digunakan pada kendaraan yang drum brake atau tombol dengan cara menekan pedal rem, lalu dilepas kembali secara berulang-ulang dengan cepat, sehingga membuat kecepatan mobil kendaraan Anda berkurang. Selain itu, pada teknik ini juga berfungsi mencegah ban mengunci. Namun, untuk melakukan teknik stab dibutuhkan latihan dengan didampingi orang yang ahli

  1. Teknik Treshold
Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet.jpg

Salah satu teknik ini bisa dilakukan oleh Anda yang baru awal berkendara. Untuk melakukan teknik ini, dilakukan dengan cara menahan pedal rem secara mengambang atau kata lain tidak sampai mengunci posisi kendaraan, sehingga ban masih dapat dibelokkan dengan mudah.

  1. Teknik Squeeze
Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awetjpg

Pengereman menggunkan teknik ini, hampir sama dengan teknik stab. Anda hanya perlu menekan pedal rem, lepas lalu menekannya kembali secara berulang-ulang, bedanya hanya dilakukan secara perlahan

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik