Ilustrasi Isi Bahan Bakar.jpg

Tanda Bahan Bakar Kurang Berkualitas, Akibatnya Bikin Ngeri

Selasa, 11 Juni 2019 17:00 | Galih Pratama

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga performa mesin mobil Anda. Salah satunya adalah pintar memilih bahan bakar mobil. Bahan bakar yang berkualitas tentunya akan membuat pembakaran mesin mobil akan sempurna. Sebaliknya, bahan bakar berkualitas buruk akan membuat kendaraan bisa bermasalah.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengetahui dengan rinci kualitas bahan bakar yang akan dibeli. Sebab, pemilihan bahan bakar mobil sejatinya harus disesuaikan dengan performa mesin, misalnya kapasitas cc mesin mobil.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jika bahan bakar mobil Anda kurang berkualitas? Sebenarnya, ada sejumlah tanda yang bisa dirasakan pengemudi apabila bahan bakar yang digunakan kurang berkualitas. Simak ulasannnya di bawah ini.

1 Kecepatan Berubah

Melansir liputan6.com, Selasa (11/6/2019), salah satu tanda yang bisa dirasakan jika menggunakan bahan bakar kurang berkualitas adalah membuat mobil dengan sendirinya mengubah kecepatan saat melaju. Bahkan, ketika pengemudi tak menginjakkan kaki di pedal gas, kecepatan mobil akan berubah tanpa sebab.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

2 Akselerasi Lambat

Tanda selanjutnya adalah mengenai akselerasi mobil. Bahan bakar berkualitas buruk bisa berimbas pada akselerasi mobil yang kurang responsif atau lambat. Mobil akan membutuhkan beberapa detik untuk bereaksi terhadap pedal akselerator sebelum berakselerasi. Atau bahkan tak akan berakselerasi sama sekali. Jika pengemudi mencoba melaju kencang, gejala tersebut akan terasa dengan jelas.

3 Mati Mendadak

Tanda lainnya adalah mobil tiba-tiba berhenti saat melaju. Hal itu bisa terjadi lantaran proses pembakaran internal tidak bisa menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk mempertahankan operasi mesin. Akibatnya, mesin mobil mati mendadak.

[Baca Juga: Jangan Panik, Ini Cara Atasi Mesin Overheat]

4 Mesin Susah Dinyalakan

Terakhir, dampak buruk dari bahan bakar kurang berkualitas adalah mesin kerap kali sulit untuk dinyalakan. Bahan bakar yang tercampur air dan kotoran, diyakini akan menyebabkan mesin tak mampu bekerja dengan stabil. Fatalnya, kondisi ini bisa menyebabkan kebakaran pada mesin. Kasus ini sering terjadi karena buruknya kualitas bahan bakar yang digunakan.

Itulah empat tanda-tanda bahan bakar mobil berkualitas buruk. Selain mengakibatkan performa mesin buruk, dampak pemakaian bahan bakar kurang berkualitas juga bisa membahayakan pengemudinya.

Artikel Lainnya

/media/images/Ilustrasi_Kaca_Film.original.jpg

Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Film Mobil

/media/images/Indikator_Check_Engine.original.jpg

5 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

/media/images/Transmisi_Otomatis.original.jpg

Tiga Hal Sepele Ini Bikin Mobil Matik Cepat Rusak