Ilustrasi mobil listrik Toyota.jpg

Tahun Depan, Toyota Gencar Luncurkan Mobil Listrik

Kamis, 13 Juni 2019 11:00 | Galih Pratama

Kini kendaraan ramah lingkungan terus digenjot kehadirannya. Ini terlihat dari makin agresifnya sebagian produsen mobil yang seolah berlomba mengembangkan mobil listrik. Tak terkecuali Toyota, dikabarkan brand asal Jepang ini akan meluncurkan setidaknya 10 mobil listrik pada 2020 - 2025.

Melansir dari carmudi.co.id, Kamis (13/6/2019), rencana Toyota menghadirkan 10 mobil listrik tak lepas dari kesadaran bahwa mesin berbahan bensin, solar, dan gas tak akan bertahan lama lagi di pasar otomotif. Toyota pun optimistis akan menuai hasil positif dengan menghadirkan mobil listrik.

[Baca Juga: Mengulik Mobil Listrik Pangeran Charles Seharga Rp1,1 Miliar]

Dari sepuluh mobil yang akan diluncurkan, enam di antaranya akan menjadi model global atau dipasarkan ke seluruh negara. Sedangkan empat lainnya dipasarkan secara terbatas di negara-negara tertentu saja.

Mobil listrik tersebut akan ditawarkan hanya mencakup enam segmen saja. Di antaranya compact cars, medium crossover, medium sedan, medium minivan, mediumsport utility vehicle (SUV), dan large SUV. Menurut Toyota, enam segmen ini yang paling digemari oleh konsumen di seluruh dunia.

Bahkan, Toyota telah memetakan pasar segmen mobil listriknya ke beberapa negara dengan melihat karakteristik konsumennya. Misalnya SUV berukuran besar dan medium minivan, kemungkinan besar akan dipasarkan di Amerika Serikat.

Sementara untuk mengembangkan mobil listrik tersebut, Toyota menggandeng Suzuki dan Daihatsu. Mereka telah menyiapkan beberapa platform baru untuk mengembangkan mobil listrik. Salah satunya adalah tengah menyiapkan mobil listrik dengan platform Battery Electric Vehicle (BEV).

Platform BEV sama seperti platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang pertama kali keluar dengan Toyota Prius 2015. Pengembangan BEV didasarkan pada desain TNGA. Sehingga memungkinkan perusahaan untuk menggunakannya di mobil berpenggerak roda depan maupun all wheel drive.

[Baca Juga: Flywheel]

Untuk memopulerkan kendaraan rendah emisi itu, dilansir dari detik.com, Toyota juga telah menyiapkan sejumlah strategi. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Subaru. Bersama Subaru, Toyota dikabarkan akan melahirkan mobil listrik dengan keahlian Subaru dalam sistem penggerak 4 roda.

Artikel Lainnya

/media/images/Daihatsu-Sigra_0hM2Xcd.original.jpg

Pilihan Mobil Baru 7 Penumpang di Bawah Rp150 Juta

/media/images/Car-Seat-1.original.jpg

Posisi Duduk Anak di Mobil Ditentukan Usianya