Produksi Mercedes-Benz.jpg

Tahun Depan Mercedes-Benz Serius Garap Segmen SUV Premium

Rabu, 11 Desember 2019 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Pasar segmen kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) diprediksi akan bersinar di Tanah Air. Pasalnya, sejumlah Agen Pemegang Merek (APM), baik kendaraan medium maupun premium masih gencar mengeluarkan produk SUV-nya tahun depan. Salah satu APM yang cukup serius menggarap segmen SUV tahun depan adalah PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Menurut Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, pasar kendaraan segmen SUV akan terus berkembang di Tanah Air.

“Tren SUV makin menguat. Ini tak lepas dari makin baiknya infrastruktur dan ground clearance yang tinggi. Ini akan memberikan kenyamanan para penggunanya,” ujar Kariyanto di sela-sela peluncuran New GLC dan New GLE di Wanaherang, Bogor, Selasa (10/12/2019).

[Baca Juga: Melongok Spesifikasi dan Harga Mercedes-Benz New GLC]

Dia melanjutkan, salah satu strategi merebut pasar kendaraan SUV premium, Mercedes-Benz Indonesia mulai memproduksi kendaraan SUV seperti GLC dan GLE di fasilitas pabrik perakitan yang berlokasi di Wanaherang, Bogor.

“Dengan merakit sendiri, kita bisa memproduksi lebih banyak lagi. Dibanding harus CBU yang bisa saja terbentur dengan kuota. Jadi, kalau ada demand berlebih dari market kami ada waktu untuk catch up secara produksi,” ujarnya.

Untuk persaingan pasar, Kariyanto tak gentar untuk bersaing dengan SUV premium ataupun medium lainnya. Buktinya, segmen SUV memiliki porsi kontribusi sebesar 27 persen dari total penjualan Mercedes-Benz sepanjang Januari hingga November 2019. “Saat ini kami memiliki pengusaan pasar di kisaran 45 persen dalam pasar SUV premium,” klaimnya.

[Baca Juga: Menakar Tren Mobil SUV pada 2020 di Indonesia]

Kariyanto juga membocorkan bahwa pihaknya akan memboyong sejumlah line up baru untuk model SUV di tahun depan. Hanya saja, dia masih merahasiakan rencana kendaraan SUV apa yang akan diluncurkan. “Nanti ada produk SUV baru tahun depan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia saat ini mulai memproduksi perakitan dua SUV andalannya, New GLC dan New GLE. Dua SUV yang dirakit di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, ini mulai dipasarkan di tahun depan.

Sejumlah model SUV juga telah dipasarkan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia. Di antaranya GLA, GLC, GLC Coupé, GLE, GLE Coupé, GLS, dan G-Class.