Jamboree TACI 2019.jpg

TACI Siap Gelar Jambore Nasional Ke-2 di Yogyakarta

Rabu, 6 Maret 2019 12:00 | Inggil Yustiar

Komunitas Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) siap menggelar acara Jambore Nasional (Jamnas). Kegiatan ini rencananya akan berlangsung pada 9-10 Maret 2019, di Griya Prasada Hotel, Yogyakarta.

Kegiatan Jamnas TACI kali ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya mereka menggelar acara serupa di di Cirebon, Jawa Barat. Untuk menyiapkan acara Jamnas kedua ini, pihak panitia telah melakukan persiapan selama 3-4 bulan, atau tepatnya dari November 2018 lalu. Pemilihan Yogyakarta sebagai tempat Jamnas TACI 2019 sendiri dikarenakan kota ini terletak di pusat atau tengah Pulau Jawa. Sehingga diharapkan, seluruh chapter TACI di Indonesia dapat ikut meramaikannya.

[Baca Juga: Ladies Car Community, Komunitas Mobil Perempuan Pertama Indonesia]

“Terhitung selama tiga hingga empat bulan kita mempersiapkan acara jamboree ini. Sudah sejak bulan November lalu, dan dalam pembahasan itu kita pilih Kota Yogyakarta sebagai titik temu. Yogyakarta sendiri kita patokan sebagai tengah-tengah Pulau Jawa, biar nanti seluruh chapter di Indonesia bisa hadir meramaikan acara,” ujar Ubaidillah, Ketua Umum Taci kepada tim Otopedia, Senin (4/3/2019).

Jamboree TACI 2019.jpg

Pria yang akrab disapa Ubay ini menambahkan, Jamnas yang bakal diikuti oleh lebih dari 300 anggota TACI ini mengangkat tema “We Are One We Are TACI”. Sementara terkait keberlangsungan acara, Ubay bilang akan ada beberapa kegiatan menarik seperti fun games, live music, diskusi antar-member, malam keakraban, coaching clinic seputar perawatan dan modifikasi kendaraan, serta pembagian doorprize.

Ada satu hal yang menarik dalam rangkaian acara Jamnas TACI kali ini, yakni adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara TACI dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Penandatangan MoU tersebut menjadi bukti bahwa TACI memiliki komitmen kuat untuk menjadi komunitas yang melawan narkoba. Kabarnya, pihak dari BNN yang akan datang di acara Jamnas TACI ialah Kepala BNN Heru Winarko.

“Acara jamboree ini kita mengangkat tema “We Are One We Are Taci”. Isi acaranya kita lebih senang-senang dan memberikan edukasi untuk sesama member. Fun games, live music, barbeque, malam keakraban akan digelar selama acara,” ungkap Ubay. "Acara ini juga ada kerjasama dengan pihak BNN. Kerja sama ini berupa penandatanganan MoU dari TACI dan BNN. Ini untuk membuktikan bahwa TACI sebagai komunitas otomotif turut serta memerangi penyalahgunaan narkoba”, tambahnya.

Jamboree TACI 2019.jpg

Terkait Jamnas ini pula, TACI juga sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian Yogyakarta. Hal ini bertujuan positif, yakni untuk membuktikan bahwa komunitas otomotif khususnya TACI, taat aturan dan tidak ugal-ugalan dalam berkendara. Sebagai salah satu bukti dari hal tersebut, TACI akan melakukan konvoi dengan santai dan mematuhi peraturan lalu lintas. Dalam konvoi nanti, seluruh anggota akan menempel stiker yang sama pada mobilnya. Ini untuk membedakan mana anggota TACI dan mana yang bukan.

“Kita sudah bekerja sama pula dengan pihak kepolisian di Yogyakarta. TACI ingin memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa tidak semua komunitas otomotif yang melakukan konvoi suka ugal-ugalan. Saat konvoi nanti, kami lebih santai dan mematuhi peraturan lalu lintas,” tutur Ubay.

Saat di Yogyakarta nanti, TACI akan melakukan konvoi bersama ke Prambanan sebagai penutup acara. Diharapkan, dengan adanya Jamnas ini, solidaritas antar-anggota TACI dapat terjaga.

Jamboree TACI 2019.jpg

“Di hari terakhir nanti, kita akan jalan-jalan di Prambanan. Tempat itu menarik sebagai situs yang bersejarah. Harapannya, semoga dengan adanya acara jamboree dapat menambah persaudaraan dan menjaga solidaritas antar- member TACI,” tutup Ubay.