Honda BR-V versus Suzuki XL7.jpg

Suzuki XL7 vs Honda BR-V, Pilih Mana?

Senin, 2 Maret 2020 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Pertengahan bulan lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Tanah Air meluncurkan model low Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Suzuki XL7. Kehadirannya model terbaru ini, bersinggungan langsung dengan sejumlah model low SUV lainnya, sebut saja Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, hingga Daihatsu Terios.

Dari para pesaing tersebut, Otopedia kali ini coba memberikan komparasi antara Suzuki XL7 dan Honda BR-V. Ya, keduanya memang lahir dari basis Multi Purpose Vehicle (MPV). Dari sisi desain, fitur, hingga harga pun tak jauh berbeda. Lalu, seperti apa perbandingan dari keduanya?

Desain

Suzuki XL7.jpg

Pertama, kita lihat dari sisi tampilan Suzuki XL7. Model terbaru dari Suzuki ini memiliki dimensi 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm, serta jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm dan didukung dengan ground clearance setinggi 200 mm.

[Baca Juga: Ground Clearance]

Tampilan eksterior mobil ini terlihat gagah dengan adanya muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp with DRL, dan roof rail. Pada bagian interior, kesan luas sangat terasa pada mobil berkonfigurasi tujuh penumpang ini. Kabin didesain dengan gaya interior sporty yang didominasi warna hitam. Untuk memberikan kenyamanan, pada bagian kursi terdapat armrest pada baris pertama dan kedua.

Sedangkan Honda BR-V memiliki dimensi dengan panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm dengan panjang wheelbase 2.662 mm. Lalu, untuk ground clearance-nya BR-V mencapai 201 mm. Jika dibandingkan Suzuki XL7, Honda BR-V memiliki dimensi panjang 6 mm dan ground clearance lebih tinggi 1 mm.

Fitur

Interior Honda BR-V.jpg

Honda BR-V memiliki fitur keselamatan yang bisa dibilang cukup lengkap. Seluruh varian New Honda BR-V sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD. Ada juga VSA untuk membantu mengurangi gejala understeer dan oversteer. Selain itu, terdapat fitur Hill Start Assist (HSA) yang memberikan kemudahan akselerasi saat kondisi stop and go pada kondisi jalan menanjak.

Sama halnya dengan Suzuki XL7, mobil ini juga telah disematkan fitur keselamatan canggih. Mulai dari ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

Menariknya, pada varian tertinggi Suzuki XL7 terdapat smart e-mirror yang merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung. Ini yang tidak terdapat pada Honda BR-V.

Interior XL7.jpg

Sedangkan untuk sistem entertainment, keduanya sama-sama mengandalkan layar sentuh 8 inci. Meski demikian, keduanya juga belum dilengkapi dengan fitur konektifitas seperti Apple CarPlay ataupun Android Auto.

Mesin

Semua varian XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 ps pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Tenaga mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual (MT) 5-speed maupun otomatis (AT) 4-speed.

Mesin Honda BR-V.jpg

Sedangkan Honda BR-V menggendong mesin 1.497 cc VTEC + DBW SOHC 16 katup, mobil ini mampu memuntahkan torsi puncak hingga 145 Nm pada 4.600 rpm dan tenaga maksimal 118 ps pada 4.600 rpm.

[Baca Juga: Menanti Mesin Subaru WRX STI Generasi Terbaru]

Dari spesifikasi mesin, sepertinya XL7 harus mengakui kekuatan mesin Honda BR-V. Karena model Honda ini memiliki tenaga yang lebih besar sekitar 15 ps.

Harga

Harga XL7.jpg

Suzuki XL7 ditawarkan dengan tiga varian. Untuk varian terendah dibanderol Rp230 juta. Sedangkan varian tertingginya dihargai Rp267 juta. Sementara Honda BR-V, harganya dibanderol mulai dari Rp248,9 juta hingga Rp291,3 juta.