Suzuki Ecstar.jpg

Suzuki Luncurkan Pelumas Ecstar untuk Mobil, Simak Keunggulannya

Rabu, 5 Februari 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Bukan produk mobil ataupun motor, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) justru meluncurkan produk pelumas dan chemical bernama Ecstar di awal tahun 2020 ini. Mereka secara resmi memperkenalkan pelumas Ecstar yang merupakan pelumas resmi mobil Suzuki yang telah dipasarkan secara global di 38 negara.

“Indonesia menjadi negara 39 di dunia yang mulai memasarkan Ecstar pada tahun ini. Jadi, memang hampir mayoritas pemasaran kendaraan Suzuki di dunia, di situ juga ada oli Ecstar,” ujar Ignatinus Ratrianto Spare Part Dept Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dalam acara Media Gathering Suzuki di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Dijelaskannya, pelumas Ecstar diformulasikan secara khusus untuk memberikan kinerja terbaik pada mesin agar mampu mengurangi gesekan, membersihkan mesin, serta mempertahankan stabilitas temperatur mesin. “Dari formulasi tersebut, oli ini bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal sekaligus melindungi mesin,” kliam Anto, sapaan akrab Ignatinus Ratrianto.

Oli Ecstar.jpg

[Baca Juga: Patokan Ganti Oli Mesin Mobil Bukan Jarak Tempuh]

Salah satu jenis oli Ecstar yang diluncurkan kali ini adalah Ecstar 0W-20SN. Oli mesin yang dikhususkan untuk mobil ini telah memiliki spesifikasi API Service “SN”. Spesifikasi ini merupakkan standar kualitas oli tertinggi yang diakui America Petroleum Standard (API.

“Hal ini menandakan oli Ecstar sudah berstandar internasional. Di Indonesia tentunya sudah pegang lisensi SNI. Kalau harganya sangat kompetitif Rp95.000 per liter,” tambah Anto.

Selain Ecstar 0W-20SN, PT SIS juga meluncurkan jenis Ecstar lainnya. Di antaranya Ecstar 5W-30 SN/GF-5, tiga tipe oli transmisi dengan seri Ecstar ATF-AW-1, Ecstar ATF 3317, dan gear oli MT 75W-80GL-4. Sementara untuk mendukung pemeliharaan kendaraan, tersedia pula produk chemical Ecstar Brake Fluid DOT3 dan Long Life Coolant 50/50 Pre Mixed.

“Ecstar berkembang di sirkuit MotoGP bersama tim Suzuki dan telah dikenal secara global. Saat ini, kami meluncurkan Ecstar untuk para pengguna mobil di Indonesia. Kehadiran Ecstar diharapkan dapat memberikan The Ultimate Performance bagi selutuh konsumen otomotif,” kata Seiji Itayama, President Director PT SIS.

[Baca Juga: Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil]

Sekadar informasi, pelumas Ecstar sendiri telah dikembangkan sejak 1980-an di Jepang. Dinamakan Ecstar, yang memiliki arti Star (bintang) yang menuntun kendaraan menuju performa yang Ecstatic (menyenangkan). Sedangkan pemasaran oli resmi Suzuki ini sudah dipasarkan secara global yang telah tersebar di sejumlah negara Asia, Eropa, serta benua lainnya.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift