Peluncuran Suzuki XL7.jpg

SUV Baru Suzuki XL7 Resmi Dipasarkan, Harga Mulai Rp230 Juta

Sabtu, 15 Februari 2020 18:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Tak mau kalah dengan brand otomotif lainnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia menepati janjinya meluncurkan produk teranyarnya, yakni XL7 "The New Extraordinary". Selain untuk pasar Indonesia, low Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru ini juga dipasarkan untuk pasar global.

"Ini bukan launching ya, tapi global launching. Karena selain untuk pasar Indonesia, Suzuki XL7 kami akan ekspor juga ke 30 negara," kata Dony Saputra, Head of Marketing 4W PT SIS di sela-sela acara peluncuran Suzuki XL7 di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (15/2/2020).

Untuk pasar Indonesia, kata Dony, PT SIS menawarkan Suzuki XL7 dengan pilihan tiga varian. Pertama, ada varian Zeta. Varian terendah ini dibanderol mulai dari Rp230 juta untuk transmisi manual (M/T), sedangkan transmisi otomatis (A/T) seharga Rp240.500.000.

Suzuki XL7.jpg

Ada juga varian Beta transmisi M/T seharga Rp246.500.000 dan transmisi A/T Rp257.000.000. Sementara untuk varian teringgi, yakni Alpha seharga Rp256.500.000 untuk transmisi (A/T) dan transmisi A/T dihargai Rp267.000.000.

[Baca Juga: Dua Varian New MINI Clubman Mengaspal di Indonesia]

Dari sisi tampilan, Suzuki XL7 memiliki dimensi 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm serta jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm dan didukung dengan ground clearance setinggi 200 mm. Tampilan eksterior mobil ini terlihat gagah dengan adanya muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp with DRL, dan roof rail.

Interior XL7.jpg

Beranjak ke dalam kabin, kesan luas sangat terasa pada mobil berkonfigurasi tujuh penumpang ini. Kabin didesain dengan gaya interior sporty yang didominasi warna hitam. Untuk memberikan kenyamanan, pada bagian kursi terdapat armrest pada baris pertama dan kedua.

“Selain itu, terdapat juga audio system touch screen 8 inch, carbon fibered pattern dashboard, ventilated cup holder, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modern,” tambah Dony.

Masih menurut Dony, Suzuki XL7 juga telah disematkan sejumlah fitur-fitur canggih. Di antaranya smart e-mirror yang merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung. Ada juga keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga.

Sedangkan fitur keselamatan terdapat ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer. “SUV ini juga berbasis platform HEARTECT yang membuat kendaraan jauh lebih ringan namun tetap kokoh dan meningkatkan performa berkendara serta efisiensi bahan bakar,” kata Dony.

Mesin XL7.jpg

Bagaimana dengan dapur pacunya? Suzuki XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Ready Stock

Dony mengatakan, PT SIS telah mendistrubusikan Suzuki XL7 ke seluruh dealer resmi Suzuki. Artinya, tiga varian Suzuki XL7 terbaru ini ready stock, sehingga pelanggan bisa memesannya langsung per hari ini. “Sebenarnya kan dah bocor tuh ya di dealer. Tapi, waktu itu belum kita buka untuk pemesanannya. Per hari ini, pelanggan bisa memesannya,” ujar Dony.

Masih menurut Dony, PT SIS memproduksi Suzuki XL7 di pabrik Cikarang, Jawa Barat. Dalam sebulan, kata Dony, pihaknya mampu memproduksi sebanyak 2.000 unit dan disebarluaskan ke jaringan dealer resmi. “Kita sebenarnya sudah produksi dari Desember lalu, jadi sebenarnya barang sudah ready. Sebulan kita mampu produksi 2.000 unit,” tutupnya.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift