sunshade.jpg

Sunshade

Kamis, 31 Januari 2019 16:00 | Inggil Yustiar

Sunshade merupakan tirai penangkal sinar matahari yang dapat dipasang pada kaca jendela mobil. Biasanya, penyangga panas surya ini dipasang pada kaca depan atau kaca punggung mobil. Mempunyai bentuk yang beragam seperti gulung, lipat, bermotif, produk tersebut dapat menghalangi cahaya surya yang masuk melewati dasbor dan interior mobil.

Bahan dari sunshade sendiri biasanya berbahan aluminium foil dengan tambahan dari PE Bubble. Untuk ukurannya sendiri beragam ada yang kecil dan besar, namun untuk ukuran standarnya adalah 140cm x 70cm dengan rata-rata berat 120 gram. Sebagai aksesori tambahan sunshade sangat berguna dari panasnya udara luar agar tidak masuk, terlebih saat memarkir mobil lansgung di bawah sinar matahari.

[Baca Juga: Sill Plate]

sunshade.jpg

Sebuah situs travel di Amerika, memberi contoh dengan adanya suhu di luar 32oC maka panas pada dasbor dapat meningkat hingga 88oC, kemudi setir 700C dan kursi 720C. Naiknya suhu pada dalam mobil bahkan hingga mampu memanggang ayam. Namun, setelah diuji menggunakan sunshade sendiri suhu dapat turun hingga 10oC, tergantung pada model dan ukuran.