hankook-tire-1.jpg

Strategi Baru Bisnis Hankook Tire Untuk Menghadapi Tantangan Global

Kamis, 26 Maret 2020 20:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire, bertekad untuk meningkatkan manajemen yang transparan bagi pemegang saham dengan terus menggelar inisiatif bisnis yang memperhatikan aspek kepentingan pemegang saham, penguatan solvabilitas perusahaan, serta daya saing melalui inovasi, seperti yang disampaikan dalam rapat dewan direksi dan surat pemegang saham.

Perusahaan telah menyiapkan sejumlah strategi eksternal dan internal untuk penguatan bisnis perusahaan secara global, melindungi hak pemegang saham, dan meningkatkan nilainya. Dimulai dari strategi eksternal, melalui group-holding Hankook Technology Group mempersiapkan 50 miliar KRW (Korean Won) untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham perusahaan dalam enam bulan ke depan.

Meskipun menghadapi situasi sulit, perusahaan terus bergerak untuk mengantisipasi keadaan dengan fokus memperkuat solvabilitas perusahaan dan restrukturisasi aset guna mengamankan investasi. Hankook Tire berencana untuk menjual properti perusahaan yang pasif, seperti gudang logistik di Pulau Yeongdo, Busan, dan nantinya menggunakan hasil penjualan tersebut untuk membeli mesin produksi baru.

Hankook Tire berusaha mengakomodir kebutuhan pasar melakui produk-produk yang inovatif.

Selanjutnya, di sisi sumber daya manusia, Hankook Tire akan memperkuat penanaman budaya perusahaan guna mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan melalui pencapaian win-win antara perusahaan dengan mitra bisnis, serta pembentukan komite manajemen. Hankook Tire akan meningkatkan daya saing utama perusahaan lewat berbagai inovasi proaktif di industri ban, yang meliputi proses bisnis dari seluruh lini perusahaan, mulai dari fungsi product development, supply chain management, marketing, dan sales.

“Industri otomotif di Eropa, Amerika Serikat, bahkan global tengah menghadapi situasi sulit seiring penutupan sejumlah pabrik dan pengurangan jalur distribusi sebagai dampak dari wabah COVID-19. Penurunan pendapatan perusahaan juga tidak terhindarkan, namun kami meyakini situasi ini merupakan jangka pendek dan kami akan bersiap untuk memperbaiki keadaan secepatnya setelah wabah ini berakhir,” jelas Hyun Shick Cho, selaku Vice Chairman Hankook Technology Group, dalam keterangan persnya (23/3/30).

Perusahaan akan berinvestasi lebih besar pada pengembangan ban untuk jenis kendaraan baru dan komoditi lainnya, serta memperkuat kapasitas pasokan produk. Di samping itu, perusahaan berupaya mencapai pertumbuhan penjualan dan meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan dengan menambahkan jalur distribusi pasar domestik dan pasar global seperti Amerika Serikat dan Eropa.

[Baca Juga: Cara Memilih Ban Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda]

Hankook Tire akan terus berinovasi pada aspek-aspek unggulan seperti produk, distribusi, dan penjualan agar mampu mengakomodir kebutuhan konsumen dan pasar, seiring adanya transformasi digital. “Kami akan terus berinovasi pada area bisnis, membuka investasi baru atau mempertimbangkan kesempatan merger dan akuisisi bergantung dari struktur finansial perusahaan yang kokoh, untuk memperkuat daya saing masa kini dan masa yang akan datang,” tutup Hyun Shick Cho.