Model Mobil Wagon.jpg

Station Wagon

Kamis, 13 Juni 2019 17:00 | Galih Pratama

Station wagon ataupun Estate merupakan kendaraan yang berbagi basis dengan sedan. Perbedaannya dengan model sedan sebenarnya cukup sederhana, bisa dilihat pada keberadaan pilar D pada station wagon. Inilah yang membuat model station wagon memiliki ruang tak terpisah dengan bagasi atau ruang bagasi yang menyatu dengan ruang penumpang.

Umumnya, model station wagon memiliki pintu bagasi yang membuka ke atas seperti layaknya model hatchback. Selain itu, ada juga model station wagon yang memiliki pintu yang membuka ke bawah dan jendela yang dapat dibuka secara terpisah.

bagasi mobil wagon.jpg

Perbedaan Station Wagon dan Hatchback

Model station wagon dan hatchback memang memiliki kesamaan pintu bagasi yang bisa dibuka ke atas dan ruang bagasi yang menyatu dengan ruang penumpang, tapi keduanya tetap memiliki sejumlah perbedaan.

[Baca Juga: Hatchback]

Misalnya dari segi jumlah pilar dan kapasitas bagasi, model station wagon memiliki overhang belakang yang lebih panjang dibanding hatchback. Dengan begitu, ruangan bagasinya lebih panjang dan luas.

Selain itu, station wagon memiliki jendela samping yang cukup besar antara pilar C dan D. Sedangkan hatchback tak memiliki jendela samping atau hanya jendela kecil sebagai ornamen atau estetika.

Di Indonesia, tak banyak produsen mobil yang merilis model seperti ini. Salah satu mobil station wagon yang pernah diluncurkan di Tanah Air adalah BMW 530i Touring M Sport. Selain itu, ada juga Mercedes-Benz CLS Wagon, Mazda Vantrend, dan Volvo Station Wagon.

Sumber : seva.id, showroommobil.co.id

Artikel Lainnya

/media/images/Ilustrasi_mesin_VVT-i.original.jpg

VVT-i

/media/images/Ilustrasi_Fog_Lamp_Mobil.original.jpg

Fog Lamp

/media/images/Mobil_Crossover.original.jpg

Crossover

/media/images/Torsi_Mesin_Mobil.original.jpg

Torsi