Mobil SUV.jpg

Sport Utility Vehicle

Senin, 17 Juni 2019 12:00 | Galih Pratama

Sport Utility Vehicle atau yang dikenal juga dengan sebutan SUV merupakan model mobil perpaduan antara sedan dan jip. Mobil ini dirancang agar mampu melewati berbagai jenis medan, mulai dari on road maupun offroad dengan mudah dilibas mobil jenis ini.

Pada awalnya, kebanyakan mobil jenis SUV berjenis pick up dan menggunakan penggerak 4 roda atau yang dikenal dengan 4WD. Namun, kini ada juga beberapa jenis SUV yang hanya memiliki dua penggerak roda. Sedangkan daya pun dikembangkan hingga memiliki daya angkut maksimal tujuh penumpang.

Dari masa ke masa, perkembangan jenis mobil SUV terus berkembang. Ini yang membuat SUV kini terbagi menjadi beberapa tipe. Misalnya low SUV, medium SUV, dan high SUV. Berikut rinciannya:

Low SUV

Low SUV.jpg

[Baca Juga: Cara Tepat Menyetir Mobil SUV di Jalanan]

Jenis mobil low SUV merupakan jenis SUV yang relatif kecil baik dari segi dimensi maupun tenaga. Rata-rata tenaga mesin dari jenis SUV ini adalah 1.500 cc dengan sasis mobil yang cukup rendah. Mobil ini memang diperuntukkan untuk penggunaan sehari-hari. Beberapa merek yang masuk dalam kategori ini adalah Nissan Juke, Ford Ecosport, dan Honda HR-V.

Medium SUV

Medium SUV.jpg

Berbeda dengan low SUV, mobil jenis ini memiliki tenaga yang lebih besar, yakni bisa mencapai 2.000-2.500 cc. Secara dimensi pun terlihat lebih besar, sehingga kabin terasa lebih lega dan nyaman. Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, dan Nissan Xtrail, merupakan contoh merek mobil dengan model medium SUV.

High SUV

high SUV.jpg

[Baca Juga: Beberapa Pilihan Mobil SUV Cocok Untuk Keluarga]

Mobil-mobil yang masuk dalam klasifikasi high SUV ini adalah SUV yang cenderung lebih mengedepankan kenyamanan penumpang, keindahan desain, dan teknologi terdepan. Mengenai tenaganya pun bisa dibilang cukup besar dengan menggendong mesin hingga berkekuatan 3.000 cc. Beberapa yang masuk dalam kelas ini adalah Nissan Armada, Land Rover Discovery, dan lainnya.

Sumber : intersport.id, vivanews.com,